Kombinasi Warna Cat Kayu untuk Rumah Tampak Lebih Elegan

Rumah yang elegan mencerminkan kesan mahal dan mewah. Jika mendambakan rumah kayu tampak elegan bisa menggunakan cat kayu yang disesuaikan dengan rumah kayu yang diinginkan. Ada banyak kombinasi warna cat kayu yang bagus untuk rumah yang bisa dimanfaatkan. 

Pemilihan warna ini sangat krusial dan menentukan banyak hal. Baik itu yang tampak dari luar atau bagian dalam rumah. Meskipun Anda memilih rumah dengan desain minimalis, namun kombinasi warna bisa membuatnya terlihat tetap elegan. 

Apa saja kombinasi warnanya bisa Anda cek di sini. 

7 Warna Cat Kayu yang Bagus untuk Rumah Elegan 

Sebelum Anda menentukan warna, ada baiknya untuk memperhatikan elemen lain terlebih dahulu. Seperti pada bagian taman dan lanskap rumah harus dirawat sebaik mungkin. 

Anda bisa memulainya dengan membuat taman tampak mewah meskipun ukurannya kecil. Rumput yang hijau dan terawat akan sangat membantu Anda mendapatkan tampilan tersebut. 

Begitu juga dengan bagian pintu dan jendela, meskipun menggunakan kayu bukan berarti tampilannya akan tradisional. Kesan elegan dan modern juga bisa didapatkan selama desain pintu dan jendela mengikuti perkembangan zaman. 

Barulah Anda bisa beralih ke pemilihan warna cat kayu yang bagus untuk rumah tampil elegan. Berikut ini beberapa kombinasi warna yang bisa didapatkan. 

1. Warna Hitam Pekat 

Setiap rumah yang elegan tidak selalu mengandalkan warna putih, Anda juga bisa menggunakan warna hitam pekat. Apalagi jika dinding rumah terbuat dari kayu berbentuk horizontal dan bertekstur. 

Maka Anda bisa mengandalkan warna hitam matte atau doff untuk membuatnya tampil menawan. Tampilan ini mencerminkan kesan elegan di zaman dulu seperti zaman victoria di mana rumah-rumah Eropa masih menggunakan warna ini. 

Baik itu dari dinding rumah eksterior, kusen jendela dan pintu bahkan atap menggunakan warna hitam pekat ini. Tidak hanya kayu, jika Anda menggunakan bata yang disusun maka bisa juga menggunakan warna ini. 

2. Warna Putih dan Krem 

Hitam pekat adalah warna cat kayu yang bagus untuk rumah elegan dan eksotis, namun beda jika Anda ingin rumah tampil lebih besar dan luas. Warna andalan yang digunakan adalah putih, supaya tidak bosan Anda bisa memadukannya dengan warna krem. 

Misalnya pada keseluruhan dinding Anda menggunakan warna putih susu namun di bagian tertentu seperti kusen dan lisplang gunakan warna krem. Anda juga bisa mengkombinasikan dinding dari kayu dan pintu garasi kayu warna natural. 

3. Warna Putih dan Hijau 

Kebalikan dari sebelumnya, jika warna putih dijadikan bagian utama dari eksterior rumah kini justru menjadi aksen. Anda bisa menggunakan warna utamanya yaitu hijau velvet dengan tampilan matte atau doff. 

Bukan hanya di bagian dinding saja, warna hijau juga cocok digunakan di area daun pintu dan daun jendela. Sedangkan warna putih bisa Anda berikan di bagian kusen dan juga lisplang. 

4. Warna Navy dan Putih 

Apakah Anda lebih suka dengan warna yang segar? Maka pilihlah warna navy sebagai warna utama sedangkan putih sebagai warna komplimen. Meskipun Anda menggunakan kayu warna navy ini juga sangat bagus digunakan. 

Ditambah dengan bagian kayu sebagai dinding yang dipasang supaya menciptakan aksen pada dinding akan lebih baik. Anda bisa menonjolkan dinding rumah eksterior menggunakan warna navy ini. Sekali lagi warna putih bisa diaplikasikan di kusen saja. 

5. Warna Charcoal dengan Putih Pastel 

Warna cat kayu yang bagus untuk rumah selanjutnya yang bisa membuat tampil elegan adalah charcoal. Anda bisa memilih warna charcoal yang tergolong lebih muda dan dikombinasikan dengan warna putih pastel. 

Charcoal sebagai warna dominan dan digabungkan dengan putih akan menciptakan kontras. Sangat cocok digunakan jika Anda memiliki rumah tingkat sehingga mencerminkan kesan American style. 

6. Warna Tanah untuk Kesan Netral dan Hangat 

Khusus warna ini ada begitu banyak tone warna tanah untuk digunakan dari masing-masing merk cat. Anda bisa memilih mana yang paling favorit. jika Anda kurang suka dengan warna natural kayu, warna ini akan memberikan kesan hangat yang lebih kuat. 

Warna coklat tanah juga memberikan efek hangat bagi orang yang melihatnya. Lebih bagus lagi jika Anda juga menambahkan aksen warna putih di bagian kusen atau pagar balkon dan pagar masuk ke dalam rumah. 

7. Warna Beige dan Putih 

Pilihan ini akan membuat rumah Anda tampak lebih luas dan besar. Beige memang cukup jarang digunakan karena butuh perawatan lebih ekstra. Khususnya pada musim hujan ketika dinding mulai sering berjamur maka akan lebih terlihat. 

Namun di samping itu warna beige ini memberikan kecerahan pada rumah lebih baik dibandingkan rumah dengan dominasi warna putih. Anda bisa menggunakan warna ini jika sebelumnya rumah berwarna putih sehingga lebih mudah aplikasinya. 

Tips agar Cat Eksterior Rumah Tahan Lama 

Meskipun Anda sudah memilih warna yang bagus, namun penting juga untuk memperhatikan bagaimana cara agar cat tahan lama. Anda tentu tidak ingin bukan baru setahun diaplikasikan cat mulai kusam. 

Ada beberapa tips dalam memilih hingga menerapkan warna cat kayu yang bagus untuk rumah sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Cat yang Berkualitas

Saat Anda membeli cat untuk eksterior rumah akan lebih baik memperhatikan kualitasnya dibandingkan harga. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan perlindungan serta warna yang tahan lama. 

Ada begitu banyak merk cat untuk rumah yang bisa Anda pilih saat ini. Masing-masing bisa didapatkan dengan sangat mudah. Cek seperti apa kualitasnya, contohnya pada cat Biovarnish mampu tahan terhadap cuaca dan juga jamur. 

Maka sangat cocok digunakan jika Anda ingin mendapatkan warna cat lebih tahan lama. Sehingga perawatan rumah akan jauh lebih murah. 

2. Pastikan Waktu Mengecat dengan Benar

Percuma saja jika Anda menggunakan cat yang mahal tapi waktu pengecatannya salah yaitu di musim penghujan. Hal ini justru akan membuat cat tidak mengering sempurna karena tetap membutuhkan cuaca panas, apalagi untuk bagian eksterior. 

Pastikan untuk mengecat pada saat musim kemarau sehingga aman. Cat akan mengering dan bisa bertahan lama selama beberapa tahun ke depan. 

3. Jangan Lupa Sanding Sealer atau Primer

Bagi Anda yang memilih warna natural pastikan untuk menggunakan sanding sealer di bawah lapisan top coat atau clear coat. Sedangkan Anda yang menggunakan warna duco pastikan mengaplikasikan cat primer. 

Keduanya adalah jenis cat yang akan memperkuat warna dan juga perlindungan pada warna cat. Sehingga warna cat lebih tajam dan juga tahan lama. 

Inilah kombinasi warna cat kayu yang bagus untuk rumah tampil lebih elegan. Khusus Anda yang tertarik untuk mengkombinasikan warna natural lebih baik menggunakan cat Biovarnish

Biovarnish tersedia dalam beberapa produk dan juga liquid stain yang memiliki 20 pilihan warna natural. Anda bisa mendapatkan rangkaian produknya melalui agen Biovarnish terdekat atau melalui website ini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top