Cat Besi Campuran Air yang Aman untuk Pagar Rumah 

Pagar besi di rumah sudah mulai berkarat? Jangan biarkan terlalu lama Anda harus menggunakan cat besi campuran air yang akan mengembalikan tampilannya. Untungnya saat ini ada cat besi terbaik yang bisa Anda gunakan dengan mudah. 

Proses aplikasinya hanya perlu menggunakan kuas saja, sehingga tidak sesulit aplikasi dengan bahan cat besi lainnya. Apa produk yang sebaiknya Anda gunakan dan bagaimana caranya simak secara lengkap. 

Cat Besi Campuran Air Berkualitas dari Orchid Enamel Paint 

Material besi memiliki beragam jenis bahan finishing sama seperti kayu. Mulai dari powder coating, liquid coating dan sejenisnya. Orchid merupakan salah satu jenis liquid coating yang menggunakan bahan pelarut berupa air. 

Disebut juga sebagai cat enamel, Orchid merupakan cat besi yang menggunakan pelarut air yang hasilnya gloss. Sangat cocok digunakan untuk finishing interior dan eksterior sesuai dengan kebutuhan. 

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Orchid sebagai pelapis pagar besi sebagai berikut:

1. Masa Kering yang Cepat 

Kecepatan kering jadi pertimbangan utama ketika Anda mencari cat untuk pagar. Apalagi jika Anda melakukan pengecatan di musim penghujan. Harus berpacu dengan cuaca yang tidak bersahabat, Anda perlu memilih cat dengan waktu kering singkat.

Orchid adalah pilihan terbaiknya karena menawarkan waktu kering yaitu 60 menit sebelum siap diamplas dan diaplikasikan cat kembali. Anda bisa menyelesaikan proses pengecatan tanpa harus menunggu berhari-hari untuk kering. 

Jadi tidak masalah jika Anda harus mengecat di musim penghujan. Tidak perlu juga membongkar pagar besi dan merakitnya kembali setelah mengecat. Prosesnya jadi lebih praktis. 

Cat dengan Daya Rekat yang Kuat

Hal terpenting lainnya adalah soal daya rekatnya yang tinggi karena menjadi pertimbangan besar apakah cat bisa bertahan lama. Orchid menawarkan daya rekat lebih tinggi dibandingkan cat besi campuran air yang lainnya. 

Termasuk juga cat memiliki fleksibilitas tinggi. Ketika pagar besi memuai cat akan tetap menempel dengan baik. Jadi meskipun terjadi perubahan ukuran yang tidak kasat mata cat tidak mudah mengelupas atau retak. 

Hasil inilah yang sangat dibutuhkan para pemilik rumah. Tujuannya supaya Anda tidak terlalu sering mengulangi aplikasi cat. Cukup sekali aplikasi saja dalam beberapa tahun ke depan tampilan pagar akan terjaga. 

3. Tahan terhadap Karat 

Musuh utama dari pagar besi adalah karat, jika tidak segera ditangani akan membuat material besi menjadi keropos. Hal ini tidak jauh berbeda dari kayu yang terkena jamur atau rayap sehingga lama kelamaan menjadi lapuk. 

Besi mudah berkarat jika permukaannya terekspos dengan air dan oksigen terus menerus. Oleh karena itulah pagar besi membutuhkan cat Orchid yang bisa menciptakan coating sebagai bahan perlindungannya. 

Air hujan yang mengenai pagar tidak akan tembus pada permukaan besi secara langsung. Sehingga masalah karat akan teratasi, ditambah lagi Orchid juga mengandung zinc yang mencegah timbulnya karat pada besi. 

4. Tidak Beracun dan Beraroma 

Merupakan cat besi campuran air, membuat Orchid sebagai cat yang aman dan juga tidak menimbulkan aroma menyengat. Anda yang ingin menggunakannya di pagar rumah sendiri tidak akan terganggu selama prosesnya. 

Begitu juga dengan orang yang melewati pagar tidak akan merasa terganggu dengan aroma yang biasanya muncul. Aromanya tidak akan terlalu menyengat layaknya cat minyak untuk besi. 

Ditambah dengan waktu kering yang cepat maka proses aplikasi cat Orchid pada pagar di rumah sendiri akan sangat menyenangkan. Anda bisa membuatnya sebagai kegiatan keluarga di akhir pekan. 

5. Tahan terhadap Air 

Tidak kalah penting adalah bagaimana cat bisa lebih tahan terhadap air. Pasalnya Indonesia adalah negara dengan curah hujan yang sangat tinggi. Air hujan apalagi ketika mengandung basa akan membuat material besi cepat berkarat. 

Untunglah jika Anda sudah menggunakan cat Orchid maka air hujan tidak akan mudah merusak pagar besi. Justru perlindungan yang diberikan membuat pagar awet. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan proses perlindungan yang diberikan untuk beberapa tahun ke depan. 

Cara Menggunakan Cat Besi Orchid pada Pagar 

Kelebihan lain dari cat Orchid adalah pilihan warna solid duco dan metalik yang tersedia. Total warna adalah 24 jenis yang bisa Anda pilih menyesuaikan desain rumah secara keseluruhan. 

Jadi Anda tidak perlu bingung karena keterbatasan soal warna lagi. Tinggal pilih mana warna yang paling sesuai. Jika sudah maka Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara-cara yang tepat sebagai berikut:

1. Mencoba Tes Warna Cat Orchid

Pada saat Anda memilih warna cat dari Orchid seringkali kurang puas hanya dengan melihat di katalog saja. Supaya lebih tahu pasti akan warna ini Anda bisa mencoba tes warna terlebih dahulu. 

Ambillah sepotong besi yang tidak terpakai kemudian kuaskan cat Orchid yang sudah dilarutkan. Anda bisa menunggu kering untuk melihat hasilnya, bisa juga mengaplikasikan ulang apabila warna yang didapatkan belum merata. 

Pengetesan ini bertujuan untuk tahu seberapa banyak lapisan yang Anda butuhkan untuk mengecat pagar di rumah. Sehingga bisa membeli cat Orchid dengan kemasan yang tepat. 

2. Menghilangkan Lapisan Cat yang Lama 

Selanjutnya Anda belum bisa langsung menggunakan cat besi campuran air Orchid, namun coating lama pada pagar harus dibersihkan terlebih dahulu. Coating ini akan mengganggu cat Orchid untuk melekat dengan baik. 

Caranya cukup dengan mengamplas permukaan pagar yang masih diselimuti oleh cat. Begitu juga bagian-bagian yang sudah berkarat. Semua kotoran dan debu bekas pengamplasan wajib sudah dibersihkan. 

Dengan begitu hasil finishing nantinya akan jauh lebih halus karena sudah bebas dari debu atau kotoran bahkan cat yang lama. 

3. Memperbaiki Bagian Pagar yang Rusak 

Selesai mengamplas Anda akan menemukan bagian pagar yang rusak, maka perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan dempul untuk besi atau mengelas dan mengencangkan area yang sudah rusak. 

Cara ini akan membuat pagar tampak kokoh kembali dari sebelumnya. Apalagi jika bagian yang rusak ini cukup banyak. Apabila Anda tidak bisa menanganinya sendiri jangan ragu untuk memanggil tukang besi. 

4. Mengaplikasikan Cat Orchid 

Terakhir adalah menggunakan cat besi campuran air Orchid, di mana Anda hanya butuh kuas dan wadah untuk melarutkan cat. Pertama larutkan terlebih dahulu cat Orchid dengan air. 

Perbandingan yang tepat bisa disesuaikan pada keterangan di kemasan kaleng. Sisanya Anda tinggal mengaplikasikan menggunakan kuas ke satu arah. Buat lapisan coating ini halus dan tunggu kering. 

Amplas coating dan Anda bisa mengulangi aplikasi larutan cat yang baru. Apabila warna sudah didapatkan maka Anda bisa menunggu coating ini kering selama semalaman. 

Hasilnya tampilannya adalah semi gloss sehingga membuat pagar besi tampak lebih mewah. Pagar juga sudah aman disentuh apabila kering dengan sempurna. Mudah bukan. 

Anda yang tertarik untuk memperbaiki pagar besi di rumah bisa mempersiapkan dengan membeli cat Orchid dari sekarang. Tinggal hubungi agen Bio Industri terdekat untuk mendapatkan produk sesuai dengan warna yang diinginkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top