Hemat, Ini Rekomendasi Cat Pelapis Terbaik untuk Refinishing Furnitur Kafe 

Bagi pelaku bisnis coffe shop, konsep dekorasi interior seperti halnya warna cat dan furnitur menjadi pertimbangan penting untuk menjalankan bisnis food and baverage (FnB) ini. Selain faktor sajian menu yang enak, penampilan interior kafe jadi salah satu pertimbangan anak-anak muda untuk mengerjakan tugas atau sekadar nongkrong. Apalagi dengan maraknya penggunaan media sosial, mereka bisa membagikan rekomendasi kafe unik dan layak dikunjungi. 

Hal ini selaras dengan meningkatnya konsumsi kopi di masyarakat Indonesia. Nongkrong di kafe sudah menjadi budaya yang lekat dengan gaya hidup anak muda. Banyaknya pengunjung yang silih berganti membuat furnitur kafe Anda cepat aus,  berwarna kusam, atau terkena bercak kopi dan minuman manis lainnya? Tanpa perlu melakukan penggantian furnitur dengan melakukan refinishing meja ataupun kursi yang cukup mudah, lho. Anda dapat menghemat budget, apalagi jika konsidisi furnitur masih cukup bagus.

Apa itu refinishing furnitur

Dalam industri perkayuan, refinishing kayu mengacu pada proses pengaplikasian kembali cat finishing pada objek furnitur. Melansir dari Austin furnitur repair, refinishing menjadi hal populer kembali pada akhir-akhir ini, sejalan dengan upaya untuk mengurangi limbah kayu. 

Pemilihan cat untuk refinishing yang ramah lingkungan dan tidak meninggalkan bau menyengat jadi pertimbangan penting, sebab pengunjung Kafe mencari kenyamanan tanpa terganggu dengan bau cat hasil refinshing yang menyengat. 

cat pelapis terbaik biovarnish

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan cat pelapis waterbased dengan pengencer air yang lebih ramah lingkugan tanpa meninggalkan bau. Dengan menggunakan cat pelapis waterbased dari Biovarnish, Anda dapat memperbarui tampilan meja kursi yang sesuai dengan konsep desain interior sekaligus memberikan perlindungan optimal untuk permukaan furnitur kafe. Sebelum melakukan refinishing, berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati. 

Kapan refinishing perlu dilakukan?

Anda dapat mulai melakukan refinishing furnitur ketika mendapati cat finishing furnitur semula sudah mengelupas sehingga tidak lagi melindungi permukaan kayu secara efektif. Permukaan kayu yang lengket, kusam, dan rapuh menunjukkan adanya perubahan sehingga perlu segera dipoles ulang. 

Memastikan warna dasar dan kondisi furnitur

Pertama, lihat furnitur yang Anda miliki meliputi warna dasar permukaan furnitur. Apakah berwarna cerah atau lebih gelap? Bisakah kenyamanan dan keindahannya kembali seperti sedia kala ketika Anda melakukan refinishing? Apakah permukaan meja perlu diratakan kembali? Atau hanya perlu dibersihkan ulang saja?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu Anda untuk melakukan tahapan refinishing yang tepat, cepat, dan menghindari kelebihan perlakuan terhadap furnitur.

Pentingnya cat pelapis food grade

Pemilihan produk-produk cat pelapis yang aman untuk refinishing furnitur kayu juga perlu diperhatikan. Anda dapat menggunakan rangkaian produk finishing kayu Biovarnish yang memiliki sertifikat food grade yang aman untuk melapisi furnitur kafe, meskipun permukaan meja tak bersentuhan langsung dengan makanan ataupun minuman. 

bahaya cat

Refinishing furnitur dengan cat pelapis waterbased memberikan beberapa keuntungan bagi Anda. Misalnya saja, lebih mudah diaplikasikan dan tidak perlu khawatir permukaan furnitur kafe terkontaminasi oleh logam berat. Sebab bahan cat pelapis hanya perlu ditambah dengan air tanpa cairan pengencer lainnya. 

Selain tidak membahayakan pelanggan yang nongkrong maupun belajar dari kafe, refinishing dengan produk waterbased dapat meningkatkan estetika dan melindungi furnitur lebih lama. 

Rekomendasi Cat Pelapis Terbaik

Sebelum mengaplikasikan cat pelapis, pastikan permukaan kayu selalu kering dan bersih, ya!

1. Biovarnish wood filler

Bagaimana jika tampilan permukaan furnitur mengalami kerusakan yang cukup parah karena benturan gelas ataupun peralatan makan lainnya? Anda bisa mengaplikasikan biovarnish wood filler yang berbentuk pasta untuk mengisi, maupun menutup pori-pori kayu, maupun cacat tekstur permukaan furnitur. Seperti halnya mengaplikasikan dempul untuk permukaan tembok yang berlubang, Anda perlu meratakan dan menunggu wood filler kering dan merekat ke kayu secara sempurna. 

biovarnish wood filler

2. Mengembalikan warna dengan Biovarnish Liquid Stain

Ketika permukaan furnitur tampak rata dan kering kembali setelah pengaplikasian wood filler, Anda bisa melanjutkan aplikasi pernis sesuai dengan warna yang Anda kehendaki. Anda juga bisa memilih warna yang lebih gelap dibandingkan dengan warna furnitur semula agar memberikan nuansa baru yang lebih fresh!

Liquid Stain atau pernis transparan dengan pigmen natural dari Biovarnish memiliki beragam warna yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada furnitur yang akan di-refinishing.

biovarnish liquid stain

Jika menginginkan warna cerah untuk refinishing, Anda dapat memilih seri Yellow Ox YX 201 atau Candy Brown YX 202. Namun, jika menginginkan warna yang lebih gelap, Anda bisa memilih seri brown dan dark.

Tak perlu khawatir jika Anda ingin melakukan refinishing meskipun kondisi cuaca mendung. Pernis kayu berpelarut air ini bisa cepat kering meskipun tanpa sinar matahari.  

3. Biovarnish Clear Coat

Langkah terakhir dalam proses refinishing adalah menyeka lapisan akhir dengan cairan pelindung agar warna pernis melekat dan tahan lama. Anda bisa menggunakan clear coat untuk hasil akhir glossy atau matte untuk furnitur yang telah direfinishing. Produk Biovarnish clear coating ini bisa Anda aplikasikan dengan mencampurkan dengan air, dan mudah sekali diaplikasikan dalam sekali kuas maupun semprot. 

biovarnish clear coat

Biarkan coating kering, dan furnitur bisa kembali digunakan untuk mendekorasi kafe. 

Bagaimana Cara Anda Mendapatkan Cat Pelapis Terbaik ini, Kunjungi Online Store Kami

Anda dapat membaca tips perawatan kayu lainnya di website Biovarnish maupun belanja online produk pernis Biovarnish di sini. 

marketplace tokopedia caka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top