7 Tips Cara Mengecat Furniture Kayu Eksterior agar Tampil Natural Alami

Cara mengecat furniture kayu eksterior untuk tampilan natural alami bisa dilakukan dengan mudah dan hemat. Cek langsung tipsnya. 

Gampang-gampang susah untuk menerapkan cara mengecat furniture kayu eksterior yang benar. Apalagi jika Anda mendambakan tampilan natural yang mengkilap. 

Tidak banyak bahan finishing yang menawarkan tampilan bebas kilap untuk furniture eksterior namun tetap bisa melindungi dan tahan lama. 

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah tersedia produk khusus untuk tampilan natural alami yang tahan lama. Seperti apa produknya dan bagaimana cara menggunakannya, bisa Anda simak terlebih dahulu. 

7 Tips Cara Mengecat Furniture Kayu Eksterior untuk Tampilan Alami dan Awet 

 

Furniture eksterior akan lebih sering untuk terkena panas, hujan dan perubahan cuaca lainnya yang cukup ekstrim. Hal inilah yang membuat lapisan coating mudah rusak jika Anda tidak menggunakan yang berkualitas. 

Diperlukan coating khusus eksterior yang bisa menahan semua masalah tersebut. Sayangnya sampai saat ini kebanyakan coating eksterior memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus siap merogoh kocek yang dalam untuk membeli bahan coating saja. 

Untungnya ada banyak tips agar tampilan furniture eksterior bisa tetap natural alami, tahan lama tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Seperti apa tips cara mengecat furniture kayu eksterior yang hemat itu? 

  • Mengecat Menggunakan Kuas 

Banyak sekali yang menyarankan untuk mengecat menggunakan spray gun demi hasil yang rapi dan berkualitas. Sayangnya jika menggunakan alat semprot Anda harus siap boros bahan cat. 

Ada banyak partikel cat yang terbuat untuk sekali menyemprot saja. Hal ini tentu berdampak pada pembelian bahan cat yang lebih banyak. Solusi untuk hal ini adalah memanfaatkan kuas. 

Jangan ragu menggunakan kuas, selama teknik pengecatan tepat maka hasilnya pun akan tetap halus. Anda bisa langsung menggunakan kuas baru dengan bulu lembut untuk tampilan natural alami sempurna. 

  • Memanfaatkan Bahan Cat dengan Pelarut Air 

Tips mengecat selanjutnya adalah dalam pemilihan bahan cat. Anda sebaiknya menggunakan cat berpelarut air. Mengapa air? Karena bahan ini akan menghemat biaya untuk membeli pelarut. 

Jika biasanya Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli thinner sebagai pelarut, kini hanya perlu air saja. Uang untuk membeli thinner bisa Anda alokasikan untuk pembelian cat yang baru serta kuas. 

Nilai plus dari cat berpelarut air lainnya adalah tidak mengeluarkan aroma yang menyengat. Anda pun tidak mengalami gangguan pernapasan saat pengecatan berlangsung. Tinggal lanjutkan saja proses mengecat dengan nyaman. 

Salah satu produk cat dengan bahan pelarut air yang bisa Anda manfaatkan saat ini adalah Biovarnish. Produk ini bisa Anda beli dengan mudah secara online dan offline

  • Tidak Perlu Dempul 

Demi hasil yang berwarna natural alami, Anda tidak membutuhkan pendempulan yang justru akan menutup pori  atau serat kayu. Hal ini justru akan menghemat waktu Anda dalam mengecat. 

Bahan yang Anda butuhkan hanyalah sanding sealer dan clear coat saja. Kedua bahan ini sudah cukup untuk menutup permukaan kayu dan tetap mempertahankan warna alaminya. 

Sanding sealer akan bekerja sebagai cat dasar kayu sedangkan clear coat akan bekerja sebagai pernis yang melindungi permukaan furniture secara keseluruhan. Pastikan saja bahwa Anda membeli kedua produk ini yang berkualitas seperti Biovarnish. 

Baik itu Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat bisa Anda gunakan secara bertahap dengan urutan yang benar. 

  • Tidak Perlu Clear Coat Mahal, Tambahkan Hardener!

finishing pintu dengan clear coatCara mengecat furniture kayu eksterior yang hemat juga tergantung dengan clear coat yang Anda beli. Selama ini clear coat yang tersedia dijual dengan harga yang mahal. 

Anda bisa menyiasati harga mahal ini dengan memanfaatkan hardener. Produk ini akan meningkatkan perlindungan pada kayu setelah dicampur dengan clear coat biasa. Misalnya saja Anda membeli Biovarnish Clear Coat matte, maka saat melarutkan tambahkan hardener

Kualitas yang diberikan hardener nantinya tidak kalah dengan clear coat harga mahal. Selain itu penggunaannya juga tidak berlebihan sehingga Anda bisa menggunakannya secara berulang pada lebih banyak furniture

  • Tidak Perlu Membeli Wood Stain 

Banyak sekali yang menerapkan cara mengecat furniture kayu eksterior dengan menambahkan wood stain. Cara ini tidak salah jika Anda ingin mempertajam warna kayu atau justru mengubahnya dengan warna kayu lainnya. Misalnya warna kayu jati belanda menjadi walnut. 

Beda lagi jika Anda ingin mengecat warna natural alami yang menampilkan warna kayu asli tanpa diubah. Biasanya lebih cocok untuk kayu keras seperti jati, walnut, merbau, bahkan sonokeling. Anda tidak perlu membeli wood stain lagi. 

Cukup dengan dua lapisan tadi yaitu sanding sealer dan juga clear coat sudah bisa memperlihatkan warna kayu asli. Hasilnya halus tidaknya tinggal tergantung dengan cara mengecat furniture kayu eksterior dengan kuas yang Anda lakukan nantinya. 

  • Pilih Clear Coat Matte 

Tips penting lain yang juga harus Anda perhatikan adalah soal pilihan tampilan clear coat. Saat ini clear coat yang sering digunakan untuk furniture adalah cat yang mengkilap. Cara mengecat kayu agar mengkilap bisa dilakukan dengan clear coat gloss.

Sayangnya dengan tampilan kilap ini tidak mencerminkan permukaan kayu yang natural alami. Justru jika Anda menggunakan clear coat matte tampilannya akan berubah. Kayu akan tampak seperti tidak di finishing sama sekali. 

Sudah pasti furniture akan tetap tampak mewah walaupun dengan clear coat matte ini. Pastikan saja Anda menggunakan Biovarnish Clear Coat yang akan membuat tampilannya tetap alami dan tahan lama. 

  • Belajar Teknik Menguas 

Kegagalan cara mengecat furniture kayu eksterior yang paling ditakuti tentu saja tampilannya jika menggunakan kuas. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang halus dan tahan lama dengan menerapkan teknik yang tepat. 

Pertama-tama buat larutan cat yang sesuai dengan bahan pelarutnya. Aduk hingga homogen kemudian celupkan ¾ bagian bulu kuas ke dalam larutan tersebut. Baru setelah itu ketuk kuas agar cat di bulu berkurang. 

Letakkan kuas di permukaan furniture dengan sudut 45 derajat dan baru tarik. Tidak perlu ditekan, cukup tarik dengan ringan karena coating akan rata dengan sendirinya. Jangan lupa juga untuk tarik kuas searah dengan serat kayu. 

Jadi kunci cara mengecat furniture kayu eksterior yang rata adalah dalam tekanan dan arah sapuan kuas. Pastikan Anda sudah mengecek arah serat kayu sebelum mulai bekerja. 

Cara mengecat furniture kayu eksterior seperti finishing pintu sebenarnya tidak terlalu sulit selama Anda tahu bagaimana trik dan teknik yang tepat. Pastikan saja bahwa Anda mengikuti tips tadi untuk mendapatkan hasil sempurna. 

Satu hal yang paling penting adalah dalam menentukan produk cat. Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat matte dan hardener adalah produk yang harus Anda gunakan. 

Ketiga produk ini mampu memberikan hasil yang sempurna, hemat dan pastinya tahan lama. Anda bisa langsung membeli Biovarnish melalui agen, toko offline dan toko online tanpa harga mahal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top