You are currently viewing Cara Menggunakan Cat untuk Lemari Serbuk Kayu agar Tampil Halus dan Mengkilap 

Cara Menggunakan Cat untuk Lemari Serbuk Kayu agar Tampil Halus dan Mengkilap 

Mau tampilan lemari berbahan serbuk kayu lebih halus dan mengkilap? Anda perlu menggunakan cat untuk lemari serbuk kayu terbaik serta tidak lupa memperhatikan teknik aplikasinya. 

Banyak orang menginginkan furnitur memiliki tampilan mengkilap dan halus sempurna. Namun, keinginan tersebut tidak bisa diakomodai hanya dengan sekadar menggunakan High Pressure Laminate atau HPL. 

Pernis masih menjadi pilihan banyak orang karena selain tampilan lebih sempurna Anda bisa menggantinya (refinishing) kapan saja Anda mau. Jika bosan Anda tinggal mengganti warna pernis seperti yang diinginkan. 

7 Cara Aplikasi Cat untuk Lemari Serbuk Kayu agar Halus Sempurna 

lemari kayu serbuk yang diletakan di dinding

Dibandingkan HPL, pernis lebih fleksibel dalam aplikasinya. Anda tidak harus menggunakan tambahan bahan lem. Selain itu pernis bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. 

Lebih dari itu, ada beberapa produk pernis yang tidak lagi menimbulkan bahaya polusi udara yang bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Jenis pernis ini dikenal dengan pernis water based.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan cat untuk lemari serbuk kayu Anda harus melakukan langkah finishing yang tepat.  Demi hasil yang halus dan mengkilap, beberapa langkah berikut ini patut Anda ikuti. 

1. Mengamplas Veneer dengan Orbital Sander 

Permukaan lemari dari bahan serbuk kayu selalu dilapisi dengan veneer. Bagian inilah yang harus Anda amplas terlebih dahulu untuk meningkatkan tingkat kehalusan permukaannya nanti. 

Salah satu masalah yang sering muncul saat proses ampelas adalah adanya beberapa bagian sambungan yang menyisakan lem. Bagian lem ini akan mempersulit kayu untuk menerima lapisan pernis dengan sempurna. 

Oleh karena itu Anda bisa menggunakan orbital sander dengan kertas amplas yang memiliki grit menengah seperti 100 atau 150. Pengamplasan akan lebih mudah jika sebelumnya sudah melepaskan bagian-bagian lemari. 

Apabila ada bagian yang sulit diampelas menggunakan orbital sander seperti dekat dengan area aksesoris lemari dari bahan besi, Anda bisa mengamplas secara manual. Setelah selesai mengampelas, Anda bisa membersihkan lapisan kayu dengan kain kering. 

2. Mengaplikasikan Sanding Sealer sebagai Base Coat 

Lapisan coating pertama pada lemari yang bagus adalah sanding sealer. Fungsi sanding sealer pada finishing natural ini seperti halnya aplikasi primer pada finishing kayu menggunakan warna duco. 

Sanding sealer berperan sebagai cat dasar untuk lemari serbuk kayu. Cat dasar dibutuhkan untuk landasan awal yang membuat permukaan lemari semakin halus. Jika menggunakan kuas, Anda disarankan membuat sapuan kuas yang panjang agar hasil halus bisa didapatkan. Sederhananya, semakin pendek sapuan kuas yang Anda lakukan, cat akan menumpuk pada beberapa titik sehingga permukaan yang dihasilkan tidak akan halus. 

Biarkan satu lapisan sanding sealer terbentuk secara sempurna sebelum Anda mengaplikasikan coating selanjutnya. Pengeringan akan semakin cepat jika Anda menggunakan sanding sealer jenis water based

3. Memeriksa dan Mengamplas Coating Pertama 

Pastikan lapisan coating yang pertama benar-benar telah kering. Caranya adalah dengan menekan permukaan coating dengan ibu jari. Anda bisa memilih di area yang tidak terlalu terlihat. 

Apabila tidak ada sisa sidik jari yang menempel artinya sanding sealer sudah mengering. Selanjutnya, saatnya Anda mengampelas permukaan coating ini dengan amplas halus yakni ukuran 400. 

Pengampelasan kali ini tidak perlu menggunakan alat, Anda hanya perlu melakukannya ringan saja di permukaan coating. Pastikan arahnya sama dengan serat kayu. 

Terakhir, Anda bisa membersihkan debu bekas pengamplasannya dengan kain bersih dan kering. 

mengamplas cat kayu di lapisan pertama akan memberikan peluang hasil finishing dengan tampilan glossy maksimal

4. Memberikan Warna pada Lemari Serbuk Kayu 

Langkah ini sebenarnya opsional karena tergantung dengan selera Anda. Jika ingin mendapatkan hasil finishing dengan warna kayu yang lebih tajam Anda bisa menambahkan lapisan stain. 

Warna-warna seperti kayu jati, mahoni, sonokeling kini sudah tersedia dalam bentuk stain yang bisa diaplikasikan. Apabila warna asli lemari serbuk kayu tampak kurang menarik Anda bisa menggunakan stain ini. 

Cara aplikasi stain juga tidak jauh berbeda yaitu hanya dengan menguaskannya sarah serat kayu. Sebelumnya, jangan lupa untuk melarutkannya dengan bahan pelarut yang disarankan sesuai produk.

Yang perlu diperhatikan adalah saat Anda menggunakan stain, pastikan jenisnya sama dengan sanding sealer dan pernis sebagai lapisan terakhir. Misalnya Anda menggunakan sanding sealer water based maka gunakan jenis stain yang sama. 

5. Mengaplikasikan Pernis dengan Teknik Wiping 

Sudah mendapatkan warna cat untuk lemari serbuk kayu yang tepat? Lapisan terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah pernis. Lapisan ini berwarna transparan. Agar tampilannya semakin mengkilap, Anda bisa memilih tipe gloss.

Pernis dengan tampilan yang mengkilap nantinya lebih mudah untuk dibersihkan dan memperlihatkan tampilan lemari lebih mewah. Agar hasilnya sempurna Anda bisa mengaplikasikan dengan teknik wiping atau mengelap. 

Cukup campurkan pernis dengan bahan pelarutnya. Kemudian Anda langsung menguaskan pernis ke permukaan lemari, sebaiknya lakukan di satu sisi. Sebelum cat mengering Anda, gunakan kain untuk mengelapnya. 

Lap ke satu arah, atau sesuai dengan arah serat veneer. Lakukan proses lap dalam satu gerakan yang panjang dari ujung hingga ujung. Jangan berhenti di tengah karena akan menimbulkan bekas. 

6. Mengeringkan dan Mengampelas 

Ketika menggunakan teknik wiping, alangkah baiknya jika Anda mengaplikasikan pernis ini dua kali. Adanya dua lapisan coating akan membantu tampilannya jauh lebih mengkilap. 

Proses pengeringan bisa disesuaikan dengan anjuran kemasan pernis. Usai pernis kering, Anda bisa mengamplasnya terlebih dahulu. Pengamplasan dilakukan sama halnya seperti lapisan sanding sealer tadi. 

Tinggal gunakan amplas nomor 400 dan lakukan secara ambang saja. Jika sudah selesai, bersihkan debu yang dihasilkan proses perngampelasan. 

7. Aplikasi Coating Terakhir 

Langkah terakhir ini sebenarnya adalah pengulangan dari tahapan kelima di atas. Jika permukaan coating tadi selesai diampelas Anda bisa meratakan pernis kembali menggunakan kuas ke salah satu sisi lemari. 

Setelahnya, buat satu tarikan panjang dengan lap searah dengan serat kayu. Setelah itu, Anda bisa menunggu kering kurang lebih selama 24 jam. 

Pilihan Cat untuk Lemari Berbahan Serbuk Kayu Terbaik 

biovarnish clear coat untuk diaplikasikan pada lemari serbuk agar tampilannya kinclong dan halus

Bagi Anda yang mencari cat terbaik atau pernis untuk tampilan mengkilap bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat terbaru. Produk ini sudah menggunakan bahan berbeda dari keluaran sebelumnya. 

Biovarnish Clear Coat dengan formula terbaru ini akan tampil jauh lebih mengkilap. Apalagi jika Anda menggunakannya dua kali lapisan coating. Berikut ini kelebihan yang akan Anda dapatkan. 

1. Produk Aman 

Keamanan produk sudah terjamin mengingat jenis bahan pelarutnya yang digunakan adalah air. Saat ini menggunakan pernis berpelarut air adalah hal penting untuk menjaga kesehatan lingkungan. 

2. Membentuk Coating yang Transparan 

Biovarnish Clear Coat memiliki tampilan transparan yang membuat tampilan lemari dari serbuk kayu atau kayu solid tampak elegan dan indah. Serat kayu akan terlihat tajam begitu juga dengan warnanya. 

3. Proses Kering Relatif Cepat 

Waktu kering dari Biovarnish Clear Coat juga cepat. Anda bisa mendapatkan kering sentuh selama 60 menit. Jadi, setelah menunggu selama 60 menit tersebut, lemari siap untuk diampelas dan dilapisi coating ulang atau coating selanjutnya. 

4. Coating dengan Daya Rekat Kuat 

Biovarnish Clear Coat juga menjanjikan coating yang jauh lebih kuat. Hal ini membuat perlindungan pada furnitur jauh lebih cepat dari sebelumnya. Anda tidak perlu takut soal jamur maupun masalah kayu lainnya. 

Cat untuk lemari serbuk kayu dari Biovarnish Clear Coat dengan formula terbaru adalah solusi terbaik agar tampilan lemari serbuk kayu lebih halus dan mengkilap. Jenis coating dari pernis ini mampu bertahan lama dengan kesan yang glossy.