Merek Cat Pintu Kayu yang Bisa Diaplikasi Pakai Semprot 

Penyemprotan dalam finishing masih menjadi teknik yang bisa menghasilkan finishing terbaik khususnya jika Anda ingin mengecat pintu. Hanya saja perlu merk cat pintu kayu yang bagus untuk menghasilkan permukaan kayu dengan satu kali semprotan. 

Jenis cat yang digunakan tentu saja berbeda dengan cat yang diaplikasikan menggunakan kuas, karena formulasi cat semprot harus bisa menyesuaikan alat semprot sesuai dengan nozzle yang tersedia. Apa merk terbaiknya bisa Anda simak di sini. 

Merek Cat Pintu Kayu yang Bisa Diaplikasi dengan Spray Gun 

aplikasi spray biovarnish untuk pintu

Banyak penghobi kayu di rumah yang saat ini sudah memiliki kompresor dan alat semprot lengkap. Ada juga jasa persewaan alat semprot yang tersedia. 

Jadi teknik finishing pintu kayu dengan menyemprot tidak terbatas pada finishing di tingkat pabrikan saja. Anda yang memiliki hobi di dunia perkayuan tentunya harus bisa juga mengaplikasikan finishing dengan menyemprot. 

Selain teknik, kunci penyemprotan pintu kayu yang bagus juga terdapat pada merk cat pintu kayu yang bagus. Anda yang selama ini bingung untuk memilih bisa menyimak merk terbaiknya berikut ini. 

1. Biovarnish Wood Filler 

Cat yang satu ini merupakan dempul yang digunakan untuk mengisi pori kayu. Anda yang mendambakan pintu kayu rata, halus dan mengkilap perlu menggunakan bahan ini. Namun ada keistimewaan dari Biovarnish Wood Filler yaitu dapat diaplikasikan menggunakan spray gun. 

Anda bisa mengaplikasikannya dengan spray gun dan terlebih dahulu dicampurkan bersama air. Dengan begitu dempul akan lebih cair sehingga mudah disemprotkan. Cukup dengan spray gun menggunakan nozzle 1 saja sudah bisa mengaplikasikan dempul ini. 

Biovarnish Wood Filler menyediakan empat macam warna mulai dari ramin, sungkai, mahoni dan jati. Keempat warna ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bahkan bisa juga dicampurkan dengan stain water based untuk mendapatkan warna sesuai. 

2. Biovarnish Liquid Stain 

Selanjutnya adalah merk cat pintu kayu yang bagus dengan fungsi memberikan warna natural kayu yaitu stain. Biovarnish Liquid Stain adalah rangkaian dari produk Biovarnish dengan 20 pilihan warna natural. 

Beberapa warna yang tren seperti gardena teak, sonokeling, walnut brown bisa Anda pilih untuk menghasilkan perabotan terbaik. Hasil warnanya juga transparan dan mempertajam warna kayu aslinya. 

Soal urusan teknik menyemprot, cat ini sangat mudah menempel dan juga memiliki daya rekat yang sangat kuat. Bebas dari sagging ketika Anda sudah mengaplikasikannya. Supaya Anda bisa mendapatkan warna terbaik tidak ada salahnya untuk mengecek warnanya terlebih dahulu. 

3. Biovarnish Sanding Sealer 

Khusus cat ini memiliki dua fungsi pertama sebagai lapisan intermediate dan kedua memperkuat tampilan gloss dari pernis. Aplikasi sanding sealer ini dengan alat semprot tergolong mudah karena cepat homogen setelah dilarutkan dengan air. 

Daya rekatnya juga sangat tinggi, tidak mudah ndlewer yang membuat hasilnya sangat sempurna. Memberikan warna transparan yang akan melindungi hasil warna dari stain atau warna kayu aslinya. 

Biovarnish Sanding Sealer ini bisa Anda aplikasikan langsung di atas permukaan kayu, bisa juga di atas stain atau sebelum pernis. Gunakan produk ini sesuai dengan kebutuhan jika ingin coating lebih awet. 

4. Bioavarnish Clear Coat 

Produk yang satu ini merupakan pengganti pernis dan juga plitur. Jika selama ini Anda hanya mengandalkan plitur seperti shellac maka di sini akan mendapatkan hasil yang tidak kalah bagus. 

Bioavarnish Clear Coat mampu memberikan warna transparan dengan dua pilihan tampilan hasil yaitu matte dan juga gloss. Anda tinggal pilih saja mana tampilan yang paling cocok dengan perabotan di rumah. 

Dibandingkan dengan shellac, clear coat ini justru memberikan hasil yang tahan lama. Tidak akan berubah warna menguning meskipun Anda sudah meletakkan perabotan langsung terkena cahaya matahari dan hujan. 

5. Biovarnish Glaze 

Merk cat pintu kayu yang bagus yang merupakan cat untuk efek warna lebih artistik. Misalnya Anda ingin pintu kayu dengan tampilan rustic atau vintage. Maka dibutuhkan bantuan lapisan Biovarnish Glaze ini. 

Warnanya sendiri lebih pekat dan akan menciptakan kesan serat kayu yang lebih tajam. Cara aplikasinya sedikit berbeda dari keempat produk lainnya. Pertama Anda bisa menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu setelah dilapisi dengan stain. 

Baru setelah itu tunggu beberapa menit dan lap permukaan kayu menggunakan kain. Maka akan terlihat bahwa glaze telah masuk dan meresap ke dalam serat kayu sehingga warnanya berubah menjadi lebih tajam. 

Inilah produk yang bisa Anda gunakan ketika ingin mengaplikasikan cat menggunakan alat semprot. 

Teknik Menyemprotkan Cat pada Pintu Kayu yang Benar 

Baru pertama kali menggunakan Biovarnish dengan spray gun pada pintu kayu di rumah? Jangan buru-buru untuk menyemprotkan karena ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. 

Meskipun pada saat melihat para profesional di Youtube penyemprotan bisa dilakukan dengan cepat namun prosesnya membutuhkan waktu. Berikut ini beberapa tips untuk menyemprotkan cat Biovarnish. 

1. Memutar Objek agar Lebih Mudah 

Apabila Anda mengecat objek yang berukuran sedang hingga kecil seperti kerajinan berbentuk mobil atau sepeda, maka tempatkan di atas meja putar. Mengapa? Karena Anda bisa memutar objek tersebut tanpa harus menggerakkan tubuh. 

Tujuannya agar cat juga bisa merata dan Anda tidak berlebihan dalam menggerakkan tangan. Apalagi Anda mengecat di area yang cukup sempit maka perlu adanya alat meja yang bisa diputar untuk mempermudah pekerjaan. 

2. Pastikan Mengecat secara Paralel

Pengecatan harus dilakukan terus menerus dimulai dari bagian ujung atau pinggir perabotan kayu. Tujuannya agar Anda tetap mengecat di atas permukaan cat yang basah secara berkesinambungan.

Jika tidak efek blotchy setelah lapisan coating yang pertama akan muncul. Selain itu perbedaan warna juga akan muncul, oleh karena itu Anda harus mengecat dengan lebih cepat. 

3. Jangan Mengayunkan Tangan 

Perlu diperhatikan juga bahwa mengayunkan tangan seperti membentuk kapal adalah cara yang salah. Anda harus tetap menjaga tangan mengikuti bentuk permukaan kayu sehingga hasil penyemprotannya rata. 

Ketika mengayunkan maka hanya akan membuat bagian tengah saja yang memiliki coating tebal. Sedangkan bagian yang lainnya justru akan lebih tipis. Hal ini membuat Anda harus mengulangi pengecatan. 

4. Jangan Lupakan Alat Pelindung Diri 

Anda juga harus memperhatikan peralatan pelindung diri apakah yang sebaiknya digunakan. Alat seperti masker, sarung tangan, kacamata bisa digunakan mengingat banyak partikel cat yang terbang di udara. 

Hal ini dibutuhkan demi menjaga keamanan diri, meskipun jika menggunakan Biovarnish hasilnya aman karena cat berpelarut air. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak beralih ke produk yang lainnya. 

Tertarik untuk membeli merk cat pintu kayu yang bagus Biovarnish? Anda bisa langsung menghubungi agen terdekat untuk melakukan pembelian. Bisa juga membelinya melalui website ini dengan klik tombol banner yang tersedia. Anda akan terhubung langsung dengan customer service. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top