You are currently viewing Tips Memilih dan Menggunakan Dempul Triplek yang Bagus

Tips Memilih dan Menggunakan Dempul Triplek yang Bagus

Apakah Anda sedang bekerja menggunakan kayu eksterior atau interior? Menemukan jenis kayu triplek dengan banyak lubang akibat serangga? Jangan khawatir, dengan dempul triplek yang bagus masalah lubang akan teratasi. 

Bukan hanya bagi pekerja furnitur pabrikan, bahkan di kalangan penghobi, triplek yang berlubang adalah masalah yang cukup mengganggu. Untungnya Anda yang baru saja memulai hobi kayu tidak perlu khawatir berlebihan soal ini. 

Mengisi lubang pada triplek atau masalah retakan lainnya, dempul kayu bisa jadi solusinya. Anda juga tidak perlu khawatir soal finishing belang. Selama menemukan produk dan cara menggunakan yang tepat. 

5 Tips Menemukan Dempul Triplek yang Bagus

dempul triplek yang bagus, yang bisa menutup pori dan retakan

Hasil terbaik dalam menutup kerusakan triplek tergantung dengan dempul atau wood filler yang Anda gunakan. Oleh karena itu, tantangan finishing selalu dimulai dari memilih atau mencari produk yang tepat. 

Tidak ada salahnya jika Anda melakukan komparasi antara beberapa produk. Pasalnya, setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk memudahkan Anda menemukan dempul triplek yang bagus, kelima tips berikut ini bisa diikuti. 

1. Cermati Konsistensi Dempul 

Setiap produk memiliki konsistensi yang berbeda. Ada yang bisa sangat kental seperti dempul dinding atau sangat tipis atau encer. Sesuai dengan jenis kayu yang ingin Anda dempul yaitu triplek maka akan lebih aman untuk menggunakan filler dengan konsistensi encer. 

Kebanyakan kerusakan pada triplek tergolong ringan sehingga Anda tidak perlu menggunakan wood filler yang terlalu kental. Kecuali Anda ingin memperbaiki cacat pada kayu solid. 

2. Mengecek Warna Dempul Sebelum dan Sesudah Diaplikasi

Warna wood filler basah dan sesudah mengering berbeda. Anda mungkin bisa mengecek warna ini dari kemasan produknya, namun akan lebih aman untuk melihat warna keringnya secara langsung. 

Beberapa ada yang menimbulkan warna keunguan saat kering namun ada juga yang tidak jauh berbeda dari warna saat basah. Ada baiknya untuk memilih filler dengan warna yang perubahannya tidak terlalu signifikan. 

Lebih aman lagi jika Anda menyesuaikan warna ini dengan hasil yang inginkan bukan warna asli triplek, oleh karena hasil warna akhir selalu menjadi tumpuan pemilihan warna cat. 

3. Penggunaan Triplek 

Apakah Anda akan menggunakan triplek sebagai furnitur outdoor atau indoor? Mengenali hal ini akan sangat membantu Anda dalam pemilihan wood filler. Anda mungkin akan menemukan perbedaan perihal penggunaan wood filler ini. Berapa wood filler memang dirancang khusus untuk indoor atau outdoor saja.

Hal ini harus disesuaikan karena berpengaruh terhadap ketahanan triplek dan tampilannya.  Meskipun merupakan cat dasar, wood filler juga berperan untuk menciptakan perlindungan pada kayu, sama seperti pernis.

Oleh karena itu, formula yang digunakan pun harus tepat sehingga mampu melindungi kayu sesuai kebutuhannya. 

4. Waktu Kering yang Sesuai 

Sama seperti warna, waktu kering dari wood filler juga bervariasi. Bagaimana cara Anda bisa menentukan waktu yang sesuai? Anda tinggal memilih sesuai dengan ukuran dan durasi proyek yang akan dikerjakan. 

Wood filler water based, latex biasanya membutuhkan waktu kering 15 hingga 30 menit. Sedangkan wood filler epoxy perlu 30 hingga 40 menit, bahkan bisa sampai 2 jam. Apabila Anda membutuhkan proyek yang selesai dalam waktu cepat maka pilih dan gunakan filler dari water based. 

Namun, jika Anda membutuhkan kinerja lebih detail, tentu tidak akan masalah jika menggunakan produk dengan waktu kering lebih lama. 

5. Memilih Wood Filler Berbentuk Pasta 

Ada dua jenis wood filler yang umum digunakan dempul dindingCara Mengecat dan Memilih Warna Liquid Stain yang Tepat untuk Dinding, yaitu pasta dan juga bubuk. Wood filler berbentuk pasta bisa digunakan langsung atau dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Wood filler bubuk harus dilarutkan sebelum aplikasi.

Wood filler pasta Anda harus memperhatikan tempat penyimpanannya. Wood filler wajib disimpan di ruangan yang kering dalam wadah tertutup rapat. Jangan sampai terdapat udara yang akan membuatnya mengeras. 

Mengikuti kelima tips ini Anda bisa segera menemukan dempul triplek yang bagus. Soal bagaimana cara aplikasinya, Anda bisa mengikuti tips ini. 

Tips Menggunakan Dempul untuk Triplek yang Tepat

Kesalahan juga sering dilakukan pada saat mengaplikasikan wood filler. Hasilnya pada triplek justru tampak belang, tidak halus dan merusak veneer. Hal ini kerap terjadi bagi pemula. 

Untuk menghindari kerusakan usai aplikasi, beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti. 

1. Jangan Takut Mengisikan Dempul yang Banyak pada Kerusakan Berlebihan 

Aplikasi wood filler tidak harus langsung rapi. Jika Anda menemukan lubang yang lebar, tidak masalah untuk membuat wood filler menutup lebih dari permukaan kayu. Anda bisa menghaluskannya menggunakan kertas ampelas. 

Jika Anda khawatir hasilnya tidak rapi dan terlalu lama mengampelas, bisa menghapus kelebihan tersebut dengan kain kering. Bentuk wood filler yang berupa pasta akan lebih mudah untuk dihapus sebelum benar-benar mengering. 

2. Pilih Wood Filler yang Bisa Ditimpa Lapisan Stain 

Anda yang berencana untuk memberikan warna dengan stain pada triplek maka harus berhati-hati dalam memilih filler. Pastikan jenis filler yang digunakan bisa ditimpa lapisan stain atau mudah untuk diwarnai. 

Beberapa jenis filler seperti yang terbuat dari latex tidak bisa menerima lapisan stain. Anda tentu tidak ingin tampilannya belang atau harus mengulang finishing dari awal, bukan?

3. Gunakan Ampelas yang Tepat untuk Wood Filler 

Hindari kesalahan mengameplas wood filler menggunakan jenis dan ukuran ampelas yang tidak sesuai. Biasanya pada kemasan produk sudah dijelaskan kertas amplas apa yang sebaiknya digunakan pada saat filler sudah mengering. 

Rata-rata produk wood filler menyarankan untuk menggunakan kertas amplas aluminium oxide nomor 240. Teknik mengampelas juga sebaiknya menggunakan bantalan balok kayu. Jika terdapat banyak lubang pada triplek, tidak ada salahnya menggunakan orbital sander. 

4. Bisa Menggunakan Teknik Mencampur Serbuk Kayu 

Tidak menemukan warna wood filler yang sesuai triplek atau hasil akhir warna? Anda bisa menggunakan teknik pencampuran serbuk kayu. Namun, sebelumnya siapkan terlebih dahulu serbuk kayu dengan warna sesuai hasil akhir yang diinginkan. 

Selanjutnya, campurkan serbuk kayu tersebut dengan pasta wood filler dengan warna yang dinginkan. Usahakan untuk mendapatkan hasil warna yang lebih terang sehinggahasil akhir warnanya bisa disesuaikan dengan pilihan bahan pewarna katu dan pernis. 

Proses selanjutnya adalah mencampurkan wood filler dan buat sedikit encer, kemudian ratakan ke bagian lubang triplek. Anda bisa menunggu ampelas kering lalu kemudian diamplas. 

Inilah tips untuk memilih dempul triplek yang bagus dan juga tips untuk menggunakannya. Jika Anda ingin mendapatkan produk bagus bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler

Produk dempul dengan bahan pelarut air ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa menggunakan langsung maupun melarutkannya dengan air. Bahkan bisa langsung mencampurkannya dengan serbuk kayu. 

Biovarnish Wood Filler menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengerjakan proyek dengan cepat mengingat waktu keringnya yang singkat. Langsung saja dapatkan produknya dengan menghubungi customer service yang tersedia di website ini.