You are currently viewing Cara Mengecat Pintu Kayu agar Mengkilap Sempurna

Cara Mengecat Pintu Kayu agar Mengkilap Sempurna

Kebanyakan orang memilih tampilan pintu kayu yang mengkilap karena cukup efektif dan memukau ketika dilihat orang dari luar rumah. Apalagi, tampilan mengkilap ini juga mengekspos keindahan asli kayu. Selain itu tampilan gloss juga memberikan perlindungan luar biasa terhadap permukaan pintu kayu dan furnitur.

Namun, untuk mendapatkan tampilan mengkilap yang halus dan bebas dari cacat adalah tantangan tersendiri bagi pengrajin.  Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali mencoba mengecat pintu untuk mendapatkan hasil tampilan ini. Anda wajib mengetahui cara yang tepat serta efektif. 

Bagaimana Cara Mengecat Pintu Kayu agar Mengkilap 

warna natural pintu kayu dengan sedikit tampilan yang gloos yang memukau

Untuk mendapatkan pintu dengan tampilan mengkilap bertumpu pada bagaimana cara Anda mengikuti prosedur pengecatan yang benar. Begitu juga dengan jenis produk serta teknik yang dipakai. 

Setiap lapisan cat membutuhkan dua tahap yaitu pengecatan dan pengeringan. Pengecatan meliputi aplikasi cat yang basah, sedangkan pengeringan termasuk juga pengampelasan. Seluruh prosesnya membutuhkan pengalaman dan teknik sehingga hasilnya jadi lebih halus.

Berikut ini cara mengecat pintu kayu agar mengkilap yang bisa diikuti. Bisa juga diterapkan untuk furnitur kayu yang lainnya. 

Mempersiapkan Peralatan dan juga Bahan 

Setiap profesional di bidang pengecatan tidak pernah melewatkan proses persiapan. Hal ini meliputi bahan serta alat. Berikut ini beberapa alat yang dibutuhkan. 

1. Kertas ampelas

Persiapan kertas ampelas ini tidak hanya satu karena perlu beberapa jenis yang bisa menghasilkan permukaan kayu berubah menjadi halus. Gunakan kertas ampelas aluminum oxide nomor 150, 220, 320 dan 400.

2. Kuas 

Alat untuk mengecat yang paling sederhana adalah kuas. Anda bisa mempersiapkan kuas baru yang memiliki bulu halus. Jenisnya bisa disesuaikan dengan jenis cat yang digunakan. 

Jika menggunakan cat water based maka bisa menggunakan kuas berbulu nilon. Untuk cat solvent membutuhkan kuas dengan bulu alami. Menyesuaikan jenis kuas akan membuat hasil sapuannya lebih halus. 

3. Kain Bersih 

Sediakan beberapa helai kain kering dan bersih untuk menghapus cat yang berlebihan atau debu bekas pengamplasan.

4. Cat Biovarnish 

Untuk menghasilkan pintu dengan tampilan kilap sempurna tidak hanya dibutuhkan aplikasi pernis, Anda perlu menyediakan bahan lainnya, mulai dari dempul, pewarna kayu, hingga clear coat. Gunkaan Biovarnish yang sudah memiliki semua variannya. Tinggal pilih saja warna stain yang tersedia sesuai hasil akhir yang diinginkan. 

Prosedur Pengecatan Langkah Demi Langkah 

biovarnish clear coat untuk aplikasi pada pintu dengan kilap sempurna

Apabila semua alat dan bahan sudah disiapkan maka Anda bisa memasuki tahapan pengecatan. Tahapan ini bisa disesuaikan dengan jumlah atau jenis cat yang digunakan. 

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana tahapan pengecatan pintu kayu untuk lapisan coating yang lengkap. 

1. Mengampelas Permukaan Kayu 

Pada tahapan yang pertama ini Anda bisa mengampelas menggunakan kertas ampelas nomor 150 hingga 220. Lakukan pengampelasan secara bergantian dan berurutan dari ampelas kecil hingga besar. 

Mengampelas adalah langkah penting dalam persiapan permukaan kayu untuk menghasilkan tampilan mengkilap. Anda harus menghilangkan semua cacat pada kayu sebelum mengaplikasikan bahan finishing. 

Anda juga bisa menggunkaan random orbit sander atau melakukan pengampelasan secara manual. Manfaatkan balok kayu sebagai bantalan ampelas untuk memastikan bahwa hasil akhirnya rata. 

Bagian terakhir dari langkah ini adalah membersihkan debu sisa ampelas.

2. Mengaplikasikan Wood Filler 

Memiliki pintu yang terbuat dari jenis kayu berpori terbuka seperti walnut, ek atau mahoni? Anda harus memastikan bahwa semua pori tersebut tertutup sebelum aplikasi clear coat

Biovarnish Wood Filler memiliki kandungan yang bagus dalam mengisi pori tersebut. Bahan ini akan membuat permukaan kayu menjadi halus. 

Cara aplikasi Biovarnish Wood Filler bisa mengikuti penjelasan yang ada di bagian label produk. Cukup diaplikasikan rata dengan scrape kemudian tunggu kering dan ampelas menggunakan grit 240. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa ampelas menggunakan kain kering. 

3. Mengaplikasikan Wood Stain 

Tahapan ini bersifat opsional, Anda tidak perlu melakukannya jika warna kayu sudah bagus atau ingin membuat tampilan pintu dengan kesan transparan. Wood stain digunakan untuk mempertegas warna kayu. 

Jika Anda menginginkan warna kayu yang cukup berbeda, sebaiknya gunakan wood stain. Pilihan warna wood stain ini mulai dari jati, mahoni hingga walnut. 

Pada tahapan ini Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain dan pilih sesuai warna yang diinginkan. Kuaskan ke permukaan pintu kayu merata tunggu kering dan ampelas ambang, bisa dengan ampelas grit 400. 

Khusus untuk wood stain Anda bisa mengaplikasikan lebih dari satu kali atau hingga mendapatkan warna yang bagus. Langkah penggunaannya secara lengkap juga tersedia di bagian kemasan produk. 

4. Mengaplikasikan Clear Coat 

Langkah terakhir adalah menggunakan pernis atau jenis cat kayu yang mengkilap. Produk yang sebaiknya digunakan adalah Biovarnish Clear Coat gloss. Produk ini mampu menghasilkan kilap pada pintu kayu hingga 80 persen, bahkan lebih. 

Cara menggunakan Biovarnish Clear Coat ini cukup sama dengan Biovarnish Wood Stain hanya saja Anda perlu menunggu kering 24 jam (atau semalaman) sebelum pintu siap digunakan. Alat untuk aplikasinya sama yaitu kuas. 

Aplikasi Clear Coat ini tidak boleh dilewatkan karena inilah yang akan membuat warna dari kayu mengkilap. Sekaligus menciptakan proteksi pada pintu kayu. 

Keempat langkah ini juga juga bisa dijadikan cara mengecat meja kayu agar mengkilap.

Tips agar Pengecatan Kayu Mengkilap Berhasil 

Cat menjadi salah satu cara untuk mengkilapkan kayu yang paling mudah. Sebagai alternatif dari pemolesan cat tidak perlu diaplikasikan setiap bulan. Anda hanya perlu mengulang aplikasinya setiap beberapa tahun sekali. 

Bagi Anda yang ingin sukses dalam mengecat dengan tampilan mengkilap bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

1. Jangan Melewatkan Tahapan Pengamplasan

Ampelas adalah alat yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu dan juga coating. Meskipun coating tampaknya sudah halus Anda tidak boleh melewatkan prosesnya. Pengampelasan akan membantu coating di atasnya bisa menempel dengan lebih baik.

2. Memilih Alat Aplikasi yang Tepat 

Anda bisa juga menggunakan spray gun dalam semua tahapan finishing ini. Untuk mendapat hasil terbaik, pilih alat aplikasi yang familiar Anda gunakan. Tujuannya agar hasil lebih rapi karena Anda sudah terbiasa. 

3. Perlu Tambahkan juga Sanding Sealer 

Tidak berhasil dengan keempat langkah di atas? Anda perlu menambahkan sanding sealer di atas lapisan wood filler dan juga wood stain. Produk ini tidak hanya membuat coating menjadi halus tetapi meningkatkan daya rekat di masing-masing lapisan serta membuat tampilan lebih gloss dan mengkilap. 

Produk, alat dan cara yang sebaiknya Anda gunakan dalam pengecatan tampilan mengkilap sudah didapatkan. Pastikan semua cara mengecat pintu kayu agar mengkilap ini dilakukan dengan benar. Khususnya pada proses pemilihan produk.