You are currently viewing 7 Rahasia Mengecat Pintu Kayu Mengkilap Cukup dengan Kuas 

7 Rahasia Mengecat Pintu Kayu Mengkilap Cukup dengan Kuas 

Jika dilihat tutorial cara mengecat pintu kayu agar mengkilap di berbagai media Anda pasti terkesan dengan hasilnya. Namun karena dilakukan oleh para profesional Anda mungkin akan berkecil hati dan merasa tidak akan bisa mendapat hasil yang sama. 

Setiap profesional selalu memiliki rahasia yang jarang diungkapkan dalam video tutorial yang dibagikan. Anda sebagai pemula tidak perlu khawatir karena hasil yang sama juga bisa didapatkan. Bahkan hanya menggunakan alat berupa kuas. 

Bersiaplah untuk mengecat pintu kayu di rumah sehingga mendapatkan tampilan super mengkilap. Beberapa rahasia ini bisa Anda ikuti. 

7 Cara Mengecat Pintu Kayu agar Mengkilap Para Profesional 

Pada trik kali ini Anda akan mempelajari bagaimana cara mendapat pintu kayu yang mengkilap dengan warna natural atau transparan. Pasalnya tahapan mengecat dengan warna transparan dan solid berbeda. 

Belum lagi tekstur cat solid dengan pernis atau politur jauh berbeda. Khusus untuk warna natural dengan pernis atau politur aplikasinya masih bisa dilakukan menggunakan kuas secara mudah. Namun untuk cat solid yang diaplikasikan dengan kuas harus lebih hati-hati. 

Anda yang mendambakan warna pintu natural dan mengkilap di rumah bisa cek rahasia para profesional di bidangnya berikut ini. 

1. Selalu Menggunakan Cat Acrylic 

Ada beberapa jenis cat yang kerap digunakan yaitu cat latex dan juga cat acrylic. Keduanya merupakan jenis cat dengan kualitas berbeda. Cat latex tidak terlalu tahan terhadap cuaca sedangkan cat acrylic lebih mampu bertahan. 

Oleh karena itu Anda yang ingin mengecat pintu utama rumah, khususnya pada bagian luar pintu selalu gunakan cat acrylic. Para profesional pasti selalu menggunakan cat acrylic dalam tutorial mereka, karena selain hasilnya yang halus cat juga bisa bertahan lebih lama. 

2. Jangan Lupa Bersihkan Pintu secara Mendetail 

Anda yang ingin mengecat pintu baru atau lama harus selalu membersihkannya terlebih dahulu. Membersihkan pintu tidak hanya sekedar mengelap menggunakan kain kering. Kebanyakan profesional bahkan menggunakan sabun untuk membersihkan permukaan kayu yang kotor. 

Air dan sabun akan membersihkan bahkan kerak yang keras pada permukaan pintu kayu. Anda tidak perlu takut kayu akan basah dan berjamur karena triknya adalah membersihkan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan air sabun. Kemudian keringkan pintu kayu sehari sebelum mengecat. 

Trik ini biasanya tidak dijelaskan secara terperinci namun Anda perlu melakukannya. Tidak hanya pintu tetapi juga segala macam proyek pengecatan furnitur kayu Anda di rumah. 

3. Selalu Memperbaiki Cacat pada Kayu 

Tampilan pintu bisa mengkilap bukan hanya karena jenis cat yang digunakan saja tetapi juga tingkat kerataan permukaan kayu. Semakin rata dan halus maka Anda bisa mendapatkan tingkat kilap paling maksimal. 

Cara memperbaiki cacat kayu juga mudah yaitu menggunakan wood filler. Pastikan semua cacat kayu baik itu lubang besar maupun kecil. Isi wood filler pada cacat kayu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan serbuk kayu halus sesuai warna pintu untuk lubang yang cukup besar. 

Triknya supaya hasil lebih halus, usai setiap cacat lubang ditutup Anda perlu meratakan wood filler ke seluruh permukaan kayu. Cukup campurkan dengan sedikit bahan pelarut agar mudah diaplikasikan. Tunggu kering dan permukaan pintu akan sangat halus. 

4. Pemilihan Jenis Kuas yang Tepat 

Cara mengecat pintu kayu agar mengkilap dengan kuas juga tergantung jenis kuas apa yang Anda gunakan. Jenis kuas ini akan menentukan apakah sapuannya halus dan menghasilkan tingkat kilap yang tinggi. 

Bagi Anda yang menggunakan cat acrylic water based sebaiknya pilih kuas berbulu nilon. Kuas ini akan meratakan cat secara halus dan maksimal di permukaan pintu. Pergunakan kuas baru yang harganya mahal untuk memastikan kualitasnya terbaik. 

Beda lagi jika Anda menggunakan cat berpelarut solvent seperti thinner maka jenis kuas yang digunakan adalah kuas bulu alami. Jenis kuas ini memang sedikit kaku tapi bisa meratakan cat solvent lebih baik. Tidak lupa juga beli kuas yang mahal untuk memastikan kualitasnya. 

5. Pengamplasan Antar Lapisan Coating 

Mengecat permukaan pintu tidak hanya satu jenis dan satu lapisan coating saja. Anda membutuhkan sanding sealer, jika ingin warna perlu stain dan terakhir adalah clear coat. Pada setiap lapisannya Anda tidak boleh malas untuk melakukan pengamplasan. 

Penting untuk mengamplas antar lapisan coating dengan kertas amplas yang halus, seperti grit 400. Kertas amplas ini akan membentuk guratan pada coating di bawahnya yang mempermudah coating baru merekat dengan baik. 

Anda tinggal mengamplas saja permukaan coating yang sebelumnya sudah dipastikan kering dengan benar. Cara amplas juga hanya perlu secara ambang sehingga tidak mengelupas atau mengurangi lapisan coating. 

6. Perhatikan Cara Memegang dan Menyapukan Kuas 

Cara mengecat pintu kayu agar mengkilap juga tergantung dengan teknik Anda menggunakan kuas. Baik itu cara memegang dan menyapukannya harus benar. Pertama pegang kuas seperti menggunakan sendok kemudian buat sudut 45 derajat antara kuas dengan permukaan kayu. 

Baru Anda bisa menarik kuas sesuai dengan arah serat dan tidak perlu ditekan berlebihan demi menghindari brush mark. Anda tinggal meratakan saja cat ke seluruh permukaan pintu kayu dengan cara ini. 

Hal yang perlu diingat adalah jangan mengarahkan sapuan kuas bolak balik berlebihan. Apalagi jika kembali pada area cat yang setengah kering. Oleh karena itu sebelum mengering Anda harus mengaplikasikannya secara merata.

7. Jangan Lupakan Lapisan Sanding Sealer

Baik itu hasil finishing yang transparan atau memiliki warna stain Anda tetap wajib menggunakan sanding sealer. Aplikasinya sebaiknya ada di bawah clear coat. Tujuannya adalah untuk memperkuat coating terakhir sekaligus meningkatkan tampilan kilapnya. 

Lapisan sanding sealer ini cukup satu kali saja, sisanya Anda bisa langsung menggunakan clear coat. Aplikasikan clear coat saat sanding sealer kering sempurna. 

Pakai Biovarnish Clear Coat untuk Kilap Sempurna 

biovarnish clear coat

Pintu yang mengkilap juga tidak terlepas dari peranan clear coat. Supaya hasilnya mengkilap sempurna Anda bisa menggunakan produk Biovarnish Clear Coat gloss. Produk ini memiliki tingkat kilap hingga 80%, yang menjamin tampilan kilap pintu kayu di rumah. 

Selain memberikan tampilan mengkilap, ada sederet kelebihan yang ditawarkan Biovarnish Clear Coat sebagai berikut:

  1. Cat yang aman dan ramah lingkungan, dibuktikan dengan rendahnya kandungan volatile organic compound (voc) serta tidak menimbulkan bau menyengat.
  2. Cat yang memiliki daya rekat tinggi sehingga memastikan bahwa lapisan coating bertahan lama meskipun kerap terkena panas dan hujan. 
  3. Cat yang mudah untuk diaplikasikan. Buktinya hanya menggunakan kuas saja Anda bisa mendapatkan hasil mengkilap sempurna. 
  4. Cat yang memberikan tampilan transparan maksimal sehingga warna dan serat kayu akan terlihat lebih jelas. 

Mengikuti semua cara mengecat pintu kayu agar mengkilap ini, Anda tidak boleh melewatkan pemilihan produk finishing yang tepat. Biovarnish Clear Coat adalah pilihan paling bagus dan mudah didapatkan. Anda tinggal menghubungi customer service pada website ini untuk membelinya.