You are currently viewing Rekomendasi Merek Cat Kayu untuk Finishing dengan Metode Semprot pada Kayu Sengon

Rekomendasi Merek Cat Kayu untuk Finishing dengan Metode Semprot pada Kayu Sengon

Kayu sengong (albasia) memiliki ciri sulit difinishing. Alasannya adalah kayu memiliki bulu serta pori berukuran cukup besar. Oleh karena itulah pemilihan merek cat yang diaplikasikan dengan semprot untuk kayu sengon harus jadi perhatian. 

hal ini berlaku juga ketika akan mengaplikasikan cat kayu menggunakan teknik penyemprotannya. Proses aplikasi harus dilakukan dengan benar sehingga hasil aplikasi warna tidak belang. Anda yang ingin mengecat kayu sengon dengan warna coklat alami bisa cek merek cat terbaiknya di sini. 

Merek Cat kayu yang bisa diaplikasi dengan semprot untuk Kayu Sengon 

Meskipun kerap digunakan dalam industri triplek, kayu sengon juga sering dijadikan kerajinan. Tidak sedikit yang mengolah sisa produksi kayu sengon di pabrikan menjadi kerajinan untuk diekspor. 

Masa panen yang cepat, kayu yang lunak serta warnanya yang terang membuatnya lebih mudah untuk diolah. Hanya saja dalam proses finishingnya sedikit tricky. Anda membutuhkan merek cat khusus yang bisa diaplikasikan dengan metode semprot untuk kayu sengon agar hasilnya jadi yang terbaik. 

Atau, jika tidak sampai yang paling terbaik, setidaknya cat bisa rata ketika disemprotkan. Nah, Biovarnish adalah salah satu merek cat kayu yang bisa digunakan untuk diaplikasikan menggunakan metode semprot pada kayu sengon. 

cat dasar kayu biovarnish

Biovarnish Wood Filler 

Kayu sengon memiliki ciri utama pori berukuran besar. Pori inilah yang menjadi alasan finishing dengan pernis atau stain saja bisa menciptakan tampilan yang belang. Anda membutuhkan wood filler seperti Biovarnish Wood Filler. 

Agar warna yang dihasilkan sama seperti aslinya Anda bisa memilih Biovarnish Wood Filler sungkai yang warnanya cenderung putih. Biovarnish Wood Filler ini termasuk cat kayu yang diaplikasikan dengan semprot, karena merupakan dempul yang bisa dilarutkan dengan air. 

Cara ini akan menghasilkan permukaan pori tertutup secara sempurna. Jika ada bagian kayu yang berlubang cukup besar Anda bisa mengisinya dengan wood filler secara langsung. 

Biovarnish Liquid Stain 

Selanjutnya, cat kayu yang diaplikasikan dengan semprot untuk kayu sengon adalah liquid stain. Biovarnish Liquid Stain jadi pilihan yang sangat cocok. Dengan liquid stain ini, akan menghasilkan tampilan kayu sengon yang berwarna coklat alami dan sedikit mengkilap atau satin. 

Ada 20 pilihan warna dari Biovarnish Liquid Stain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera. Cat ini diformulasikan khusus agar bisa diaplikasikan menggunakan kuas maupun semprot (spray gun). Hasil aplikasinya bebas sagging, dengan warna yang merata secara sempurna. 

Biovarnish Sanding Sealer 

Lapisan sanding sealer diaplikasikan untuk bekerja melindungi warna kayu (stain). Namun, pada beberapa kesempatan, aplikasi sanding sealer bisa dilakukan sebelum aplikasi warna kayu.

Produk Biovarnish Sanding Sealer sangat penting untuk kayu sengon karena bekerja mengunci warna dan memperkuat lapisan pernis di akhir. Biovarnish Sanding Sealer memberikan warna transparan yang tidak akan merusak warna stain. 

Anda bisa mengaplikasikan produk Biovarnish Sanding Sealer dengan spray gun secara merata ke permukaan kayu sengon. Warna kayu akan tampil lebih tajam serta terlindungi lebih lama.

Biovarnish Clear Coat 

Biovarnish Clear Coat tersedia dalam dua jenis tampilan yaitu gloss dan matte yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Biovarnish Clear Coat adalah merek cat semprot untuk kayu sengon yang menggantikan pernis konvensional. 

Menjadi satu kesatuan dari ketiga produk sebelumnya yang diaplikasikan paling akhir. Anda bisa menggunakan cat Biovarnish Clear Coat untuk melindungi kayu sengon, dengan salah satu keunggulannya yang antigores. 

Tips Mengaplikasikan Biovarnish ke Kayu Sengon

Ada perlakuan khusus yang harus Anda perhatikan saat finishing kayu sengon. Jika salah, bukan hanya belang saja tetapi cat juga akan mudah mengelupas. Selama Anda mengikuti beberapa tips mudah ini hasil finishing akan lebih sempurna. 

1. Lebih Baik untuk Aplikasi Sanding Sealer Dua Kali 

Beberapa pemula masih merasakan hasil warna belang padahal sudah menggunakan semua produk yang direkomendasikan, termasuk wood filler. Permasalahan sebenarnya adalah justru pada pori kayu yang belum tertutup rapat sehingga stain yang meresap ke filler masih tidak rata. 

Menghindari hal ini akan lebih baik jika Anda tetap mengaplikasikan sanding sealer dua kali. Pertama adalah di antara lapisan wood filler dengan stain, kedua adalah di antara stain dan juga clear coat. 

Cara ini akan membuat hasil finishing lebih rata dan antar lapisan coating akan jauh lebih merekat. Anda pun tidak perlu khawatir menghadapi masalah cat yang mengelupas karena daya rekat yang rendah. 

2. Memilih Warna Stain yang Gelap 

Tips lainnya supaya hasil warna lebih sempurna adalah pemilihan jenis warnanya. Disarankan untuk memilih jenis warna yang cenderung gelap seperti dark teak, black, papua rose atau sonokeling. 

Ada dua manfaat yang didapatkan ketika menggunakan warna yang lebih gelap ini. Pertama adalah untuk menyamakan warna pada bagian gubal dan teras kayu sengon. Kedua adalah untuk menampilkan serat kayu sengon semakin eksotis. 

3. Kunci Pengampelasan Kayu di Awal 

Tidak seperti jenis kayu keras lain yang bulu di permukaannya sedikit. Kayu sengon memiliki karakteristik bulu kayu yang cukup banyak. Oleh karena itu Anda harus menghilangkan semua bulu ini dengan orbital sander. 

Manfaatkan mesin amplas untuk mempercepat proses pengampelasan. Dengan alat Anda bisa mengukur tingkat kehalusan dan permukaan tetap rata. Jika terpaksa mengampelas manual dengan tangan, gunakan balok kayu sebagai bantalan. 

4. Jarak Semprot yang Sesuai dan Konstan

Pastikan bahwa Anda sudah mengatur jarak alat semprot dengan permukaan kayu sengon. Jarak dan tekanan angin akan menentukan apakah cat langsung menempel begitu keluar. 

Jarak 15 cm adalah jarak yang umum, beberapa mungkin membutuhkan jarak 20 cm jika menggunakan tekanan udara yang lebih tinggi. Sebagai saran, jangan langsung menyemprotkan ke permukaan proyek kayu. 

Anda bisa mengecek hasil cat yang keluar dari nozzle ke permukaan kayu lainnya. Arahkan secara vertikal sehingga cat akan langsung menempel secara sempurna. 

5. Mengaduk Cat sebelum Menyemprot 

Seringkali cat yang keluar dari alat semporot tidak konsisten. Bisa jadi penyebabnya adalah cat mengendap karena pengadukan tidak tercampur merata. Hal ini sering terjadi jika Anda mengaplikasikan wood filler yang sifatnya lebih kental. 

Anda tidak akan mendapat perbandingkan air dan bahan wood filler untuk dicampurkan. Berbeda dengan stain atau clear coat yang butuh perbandingan 2 bahan : 1 air. 

Ketika aplikasi wood filler, cek terlebih dahulu sedikit demi sedikit menggunakan air. Lalu, bandingkan hasil dari masing-masing perbandingan. Anda bisa memilih mana larutan wood filler yang paling cepat rata dan kering. 

Merek cat semprot untuk kayu memang tidak boleh dipilih sembarangan. Untungnya Anda memiliki pilihan menggunakan Biovarnish, mulai dari wood filler, stain, sanding sealer hingga clear coat. 

Biovarnish menyediakan semua produk ini sangat cocok digunakan industri, pengrajin kayu atau penghobi. Apalagi Biovarnish punya kelebihan yang tidak menimbulkan bau menyengat, oleh karena menggunakan bahan pelarut air.