You are currently viewing Plitur Tahan Panas dan Hujan, Cocok untuk Furnitur Outdoor 

Plitur Tahan Panas dan Hujan, Cocok untuk Furnitur Outdoor 

Meskipun musim di Indonesia hanya ada musih hujan dan kemarau, perubahan ini tetap memberi dampak merusak pada furnitur outdoor dari kayu. Bahkan kondisi ini bisa lebih cepat terjadi dari yang dibayangkan. Untuk itu, demi memberi perlindungan maksimal pada furniture kayu yang diletakkan di area outdoor, furniture tersebut harus diaplikasi mengguakan plitur tahan panas dan hujan. 

Jadi, ketika terjadi perubahan cuaca dalam jangka waktu tertentu, furniture kayu bisa tetap bertahan dan warnanya tetap menarik. Lalu, merek plitur (ada juga orang yang mengenalnya dengan sebutan politur)apa yang sebaiknya digunakan untuk khusus untuk furnitur taman di rumah Anda? 

Plitur Tahan Panas dan Hujan untuk Garden Furnitur

biovarnish clear coat untuk plitur kayu dengan perlindungan terbaik dari panas dan hujan

Tidak lengkap rasanya jika taman di halaman rumah tanpa furnitur kayu. Tampilan furniture kayu biasanya akan memperkuat nuansa alami dan membuat taman lebih nyaman. Sayangnya, kondisi tanah serta cuaca menjadi unsur yang merusak kayu lebih cepat. 

Padahal kursi taman dari kayu atau perabotan sejenis akan cepat lapuk ketika berada di atas tanah langsung. Demi menghindari hal ini Anda sebaiknya memberi perlindungan furnitur taman dengan plitur tahan panas dan hujan. 

Jadi furnitur bisa bertahan dari perubahan cuaca atau akibat penggunaan. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat. Produk ini sudah tersedia dalam dua jenis tampilan yaitu gloss dan juga matte. 

Seperti apa kelebihan dari plitur tahan panas dan hujan dari Biovarnish? 

1. Tahan Cuaca 

Panas, hujan dan perubahan cuaca lainnya adalah masalah eksternal yang kerap menjadi awal kerusakan kayu. Kayu akan berubah dan akhirnya menjadi lapuk. Biovarnish Clear Coat berperan penting sebagai coating utama yang akan melindungi kayu dari masalah tersebut. 

Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan cuaca yang terjadi setiap tahunnya. Furnitur taman di rumah akan terus terlindungi. Cat tidak akan retak karena dapat mengikuti perubahan bentuk dari kayu, baik menyusut atau memuai. 

cara aplikasi cat biovarnish

2. Daya Rekat Kuat 

Sekali mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat, Anda tidak perlu takut cat mengelupas, apalagi retak karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Biovarnish Clear Coat sudah dilengkapi dengan formulasi daya rekat yang kuat. 

Sekali mengaplikasikannya, cat akan mengikat melalui pori kayu atau lapisan base coat di bawahnya, sehingga cat juga lebih tahan terhadap goresan dan mampu bertahan lama di kondisi luar ruangan. 

3. Hasil dengan Transparansi yang Bagus

Ciri khas plitur tahan panas dan hujan yang bagus tidak hanya perlindungannya saja tetapi juga tampilannya. Biovarnish Clear Coat menggunakan bahan pelarut air sehingga mampu menciptakan warna transparansi yang lebih bagus. 

Warna transparan juga akan bertahan lama, tidak berubah kekuningan atau menjadi kusam meskipun terkena perubahan cuaca. Berbeda jika Anda menggunakan plitur konvensional yang harus dilarutkan dengan thinner. Efek yellowing yang dihadapi cukup tinggi. 

4. Lapisan Coating Cepat Kering 

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Biovarnish Clear Coat adalah tingkat keringnya yang begitu cepat. Kering sentuh dari produk ini adalah 60 menit dan full curing adalah 24 jam. Jadi setelah Anda selesai mengaplikasikannya hanya perlu menunggu semalaman untuk bisa menggunakan garden furniture Anda. 

Jika ingin mengaplikasikan Biovarnish Celar Coat pada proses cat ulang, sebelum diampelas, Anda hanya perlu menunggu selama 60 menit saja. Waktu yang sangat singkat, ditambah tidak perlu dijemur di bawah terik matahari langsung. 

5. Cara Penggunaa yang Mudah 

Alat apa saja bisa digunakan untuk meratakan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan garden furniture, baik itu dengan kuas berbulu nilon, kain lap bahkan alat semprot sekalipun. 

Masing-masing alat memberikan efek yang berbeda-beda, oleh karena itu akan lebih aman jika Anda belajar masing-masing teknik finishing tersebut. Nantinya hasil yang halus, mengkilap atau hasil coating tahan lama akan didapatkan. 

Tips Mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat pada Garden Furniture

Plitur tahan panas dan hujan dari Biovarnish Clear Coat mampu memberikan berbagai macam kelebihan. Namun, jika Anda salah mengaplikasikan atau tidak tahu teknik yang tepat, akan mempengaruhi hasil akhirnya. 

Agar bisa memaksimalkan kelebihan yang ditawarkan Biovarnish Clear Coat, sebaiknya ikuti beberapa tips aplikasi berikut, terutama jika Anda ingin mengecat furnitur taman di rumah. 

Menggunakan Cat Dasar Berpelarut Air 

Sebagai pemula, Anda wajib tahu jenis pelarut cat pada setiap lapisan coating. Anda tidak bisa menggunakan cat yang bahan pelarutnya berbeda sebagai sesama lapisan cat pada furnitur. 

Mengingat Biovarnish Clear Coat adalah coating berpelarut air, Anda harus memilih cat lainnya dengan pelarut sama. Untungnya, produk Biovarnish tidak hanya clear coat. Anda juga bisa menggunakan stain, wood filler sampai dengan sanding sealer

Rasio Pengenceran 

Berapa rasio pengenceran atau perbandingan bahan dan air yang Anda gunakan selama ini? Rasio pengenceran memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil akhir, apapun alat yang digunakan. 

Biovarnish Clear Coat memiliki rasio pengenceran 2:1. Apabila sudah dilarutkan, alat NK2 Anda harus mendapatkan viskositas 11 hingga 12 detik. Jika aplikasi dengan spray gun pastikan Anda sudah mengukur viskositas larutan cat terlebih dahulu. 

rasio pengenceran cat disesuaikan dengan alat yang digunakan. untuk alat spray gun, gunakan perbandingan lebih encer. untuk alat kuas, gunakan rasio perbandingan yang sedikit lebih kental

Menggunakan Air dengan PH Kurang lebih 7

Jenis air yang Anda gunakan juga tidak boleh sembarangan. Air haruslah bersih, jika perlu gunakan air yang mengalir. Kemudian soal tingkat basa air juga harus diperhatikan. Setidaknya air harus memiliki PH 7. 

Angka ini membuktikan bahwa kandungannya tidak terlalu asam yang bisa menimbulkan kerusakan pada cat saat aplikasi. Air dengan PH kurang lebih 7 biasanya adalah air tawar dari PDAM atau air sumur. 

Letakkan Furnitur pada Ruang Bersirkulasi Baik saat Pengeringan 

Perlakuan pengeringan furnitur dengan lapisan coat Biovarnish Clear Coat yang masih basah berbeda. Anda tidak bisa menjemurnya langsung di bawah terik matahari yang mempercepat penguapan bahan pelarut.  Efeknya akan merusak cat.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempersiapkan ruang pengeringan khusus. Ruangan ini harus memiliki sirkulasi udara baik dan kering, sehingga cat mengering dengan cepat dan alami. 

Menghitung Kebutuhan Plitur 

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mengetahui kebutuhan plitur yang Anda beli. Dengan begitu Anda tidak akan membuang banyak uang karena kelebihan membeli produk plitur tahan panas dan hujan ini. 

Perlu Anda ketahui bahwa daya sebar Biovarnish Clear Coat adalah 10 meter persegi per Kg untuk sekali aplikasi. Anda bisa memperkirakan luas dari garden furnitur dan merancang harus membeli berapa kaleng. 

Biovarnish Clear Coat yang menjadi plitur tahan panas dan hujan yang akan memberikan perlindungan luar biasa pada furnitur Anda di rumah.