You are currently viewing Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer dengan Produk Terbaik

Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer dengan Produk Terbaik

Bukan hanya finishing duco saja yang membutuhkan beberapa lapisan coating. Finishing warna natural juga perlu banyak coating, salah satunya adalah sanding sealer. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah memahami penggunaan cat ini. 

Sanding sealer yang merupakan cat dasar kayu memiliki beberapa keuntungan yang ditawarkan. Apa saja keuntungan menggunakan sanding sealer dan apakah produk yang sebaiknya digunakan? 

6 Keuntungan Menggunakan Sanding Sealer

keuntungan menggunakan sanding sealer pada meja kursi

Ada banyak jenis cat dasar kayu dalam finishing natural yaitu wood filler dan sanding sealer. Perbedaannya ada pada bentuk bahan sampai dengan cara aplikasinya. Ketika wood filler bentuknya pasta, sanding sealer lebih cair seperti cat. 

Cara aplikasinya pun berbeda, sanding sealer aplikasinya seperti pernis dengan bahan larutan dan langsung dikuas atau disemprot. Sedangkan wood filler bisa langsung diaplikasikan dengan pisau palet. 

Jika Anda ingin finishing warna natural apalagi transparan maka sanding sealer diperlukan. Selama penggunaannya ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh. 

1. Membuat Finishing Semakin Ekonomis 

Banyaknya lapisan coating dan bahan yang digunakan akan membuat Anda harus memperhitungkan budget lebih banyak. Siapa sangka jika Anda menggunakan sanding sealer biaya finishing justru semakin ekonomis. 

Alasannya penggunaan bahan ini dapat meminimalisir kerusakan finishing karena pengamplasan yang salah sebelumnya. Tanpa sanding sealer, bulu halus pada kayu bisa menjadi sumber cacat finishing yang membuat Anda harus mengulang finishing. 

Sayangnya sampai sekarang masih banyak yang menghindari menggunakannya hanya karena penambahan bahan finishing yang menambah biaya. Namun jika dilihat dari proses finishing, lapisan ini akan menghemat pengeluaran. 

2. Mempersingkat Waktu Finishing 

Keuntungan menggunakan sanding sealer yang selanjutnya adalah waktu yang dibutuhkan dalam finishing jauh lebih singkat. Anda bisa memangkas begitu banyak waktu sebelum mengaplikasikan clear coat. 

Pasalnya clear coat bisa langsung diaplikasikan di atas sanding sealer yang sudah kering sekitar 60 menit saja. Berbeda jika Anda harus aplikasi di atas kayu langsung atau pada permukaan stain. Bisa membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. 

Menghemat waktu dalam finishing akan memperingan pekerjaan Anda sebagai pengrajin atau penghobi. Jadi apa masih mau melewatkan menggunakan sanding sealer? 

3. Membuat Pengamplasan Lebih Mudah 

Proses pengamplasan kayu akan jauh lebih mudah di atas sanding sealer karena Anda bisa merasakan amplas bekerja dengan mulus. Selain itu juga membuat kayu menjadi licin dan memastikan bahwa tidak ada minyak kayu yang naik. 

Mengamplas dengan mudah juga jadi salah satu bagian untuk menghemat waktu finishing. Banyak sekali pengrajin kayu yang harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam proses pengamplasan, itu pun masih memperoleh hasil kurang rapi. 

4. Bisa Diaplikasikan Pada Jenis Kayu Apapun 

Tidak ada batasan soal jenis kayu apa yang bisa Anda aplikasikan dengan sanding sealer. Hampir semua jenis kayu menjadi substrat yang bagus untuk pengaplikasian sanding sealer. Termasuk jenis furniture bekas. 

Sanding sealer bisa diaplikasikan di permukaan kayu langsung, pada permukaan lapisan stain atau di atas wood filler sekaligus. Kecuali jika Anda ingin warna solid maka beda lagi jenis cat dasar yang harus digunakan. 

5. Menciptakan Bonding Terbaik antara Kayu dan Clear Coat 

Beberapa jenis kayu ada yang memiliki sifat berminyak, artinya cukup sulit clear coat untuk menciptakan bonding. Kandungan minyak berlebih ini akan membuat kayu lebih licin sehingga bonding antara kayu dan coating sulit diperoleh. 

Sanding sealer akan bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Alasannya karena efek pelumas yang diciptakan dan dimilikinya. Kandungan tersebut bisa mengatasi minyak alami pada kayu dan membuat clear coat bisa menempel tanpa adanya masalah. 

6. Bahan Terbaik untuk Mengatasi Pori Kayu 

Beberapa jenis kayu memiliki lebih banyak pori dan ada juga yang ukurannya cukup besar. Pori bisa menjadi faktor utama yang harus diperhatikan untuk menjaga keawetan kayu. 

Melalui pori inilah mikroorganisme bisa merusak struktur kayu dari dalam. Beberapa pengrajin biasanya akan menggunakan wood filler untuk menutup pori ini, tapi sanding sealer juga bisa jadi alternatifnya. 

Kandungan yang licin dalam sanding sealer akan menciptakan bonding baik pada seluruh permukaan kayu melalui pori-porinya. Kemampuannya inilah yang membuat sanding sealer menciptakan permukaan kayu lebih rata. 

Bagaimana Cara Terbaik Menggunakan Sanding Sealer? 

Setelah mengetahui keuntungan sanding sealer, lanjut pada cara aplikasinya. Anda harus mengetahui pengaplikasian yang benar untuk hasil terbaik. Salah menggunakan juga bisa membuat clear coat justru tidak menempel. 

Aplikasi dimulai dengan melarutkannya kemudian kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Biarkan lapisannya kering sesuai anjuran produk yang Anda gunakan. Baru setelah itu mulai untuk mengamplasnya secara merata sesuai arah serat. 

Perlu diingat bahwa tidak perlu untuk mengaplikasikan dua lapisan coating. Sanding sealer akan bekerja sebagai basecoat sehingga hanya perlu satu lapisan saja. Jika Anda menggunakan dua lapisan sanding sealer justru akan mengganggu hasil akhirnya. 

Penggunaan sanding sealer ini sebaiknya ada di atas lapisan stain dan sebelum clear coat. Stain memiliki risiko muncul masalah bleeding yang bisa diatasi dengan sanding sealer. Karena itulah lebih baik aplikasi sanding sealer setelah stain. 

Produk Sanding Sealer Water Based Aman dan Berkualitas 

keuntungan biovarnish sanding sealer

Selain mengenai cara aplikasi dan keuntungan menggunakan sanding sealer, Anda juga harus tahu apa produk terbaiknya. Soal produk, Biovarnish Sanding Sealer jadi pilihan paling tepat. 

Sebagai produk berpelarut air, Biovarnish Sanding Sealer memberikan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan sanding sealer solvent. Selain aman, Biovarnish Sanding Sealer menawarkan kelebihan sebagai berikut:

1. Bisa Aplikasi Kuas dan Semprot 

Biovarnish Sanding Sealer bisa diaplikasikan menggunakan dua jenis alat baik itu kuas maupun spray gun atau tipe semprot.

Jika memilih menggunakan kuas, Anda hanya perlu mempersiapkan kuas jenis bulu nilon atau busa yang kompatibel dengan cat berpelarut air. Sedangkan untuk alat semprot siapkan spray gun yang dilengkapi dengan nozzle 1.0. 

2. Cepat Rata Bebas Sagging 

Sekali aplikasi Biovarnish Sanding Sealer akan langsung rata dan menciptakan bonding yang kuat. Anda yang hanya membutuhkan aplikasi sekali saja tidak perlu takut harus mengamplas ulang karena adanya cacat finishing. 

Cat juga bebas dari sagging atau menetes yang mengakibatkan permukaan menjadi tidak rata. 

3. Mengunci Warna Stain 

Pewarnaan menggunakan stain juga akan bebas dari masalah bleeding, minyak kayu tidak akan terangkat dan menimbulkan perubahan warna. Fiturnya untuk menutup pori dan mengunci warna lebih sempurna. 

4. Meningkatkan Efek Glossy 

Mau memiliki tampilan furniture lebih glossy? Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu sebelum clear coat gloss. Sama-sama memberikan warna transparan dan efek halus yang diberikan memaksimalkan kinerja dari clear coat. 

Masih banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Biovarnish Sanding Sealer untuk tidak Anda lewatkan. Produknya sendiri mudah dibeli di agen terdekat dengan harga terjangkau.