You are currently viewing Kriteria Top Coat Kayu yang Bagus untuk Meja Restoran

Kriteria Top Coat Kayu yang Bagus untuk Meja Restoran

Pernah mendapatkan orderan meja untuk bar atau restoran? Klien ingin Anda menggunakan jenis kayu pinus yang murah. Mengingat jenis kayunya, top coat kayu tentu harus lebih berkualitas.

Top coat adalah lapisan yang akan memberikan perlindungan pertama pada meja restoran, oleh karena itu, pemilihannya tidak boleh sembarangan. Menggunakan pernis biasa saja tidak menjamin perlindungan maksimal.

Lalu apa produk top coat yang sebaiknya digunakan? Apakah produk tersebut mahal? Supaya Anda tidak bingung sebaiknya kenali apa saja kriteria yang dibutuhkan. 

Kriteria Top Coat Kayu yang Pas untuk Meja Restoran 

pemilihan top coat kayu untuk meja restoran

Harga dari meja untuk bar atau restoran biasanya lebih mahal. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih jenis kayu yang murah. Hal ini tidak lain karena finishing yang diperlukan cukup tinggi harganya. 

Coba saja Anda intip harga-harga meja restoran di toko mebel, pasti harganya ada yang sampai jutaan. Bukan sekedar modelnya yang unik tetapi juga bahan finishing yang digunakan berkualitas. 

Khususnya pemilihan top coat kayu yang akan memberikan perlindungan utama. Sebagai pengrajin, ada beberapa kriteria produk yang perlu diperhatikan. Jika Anda sedang mengerjakan proyek skala besar, lebih aman untuk mencoba produk satu per satu. 

Berikut ini kriteria yang harus diperhatikan saat memilih clear coat atau top coat. 

1. Top Coat Tahan Air 

Layaknya furniture di luar ruangan, meja restoran dari kayu membutuhkan lapisan yang bisa menahan air untuk meresap. Gelas yang basah karena es atau tumpahan saus tidak bisa dihindari oleh meja restoran. 

Penting menggunakan top coat yang bisa menahan air atau bahan cair yang akan tumpah di atas meja. Cairan ini tidak boleh meresap ke dalam pori kayu karena cepat atau lambat akan membuat tampilan kayu jadi rusak serta mengundang munculnya jamur dan serangga. 

Ketika Anda menggunakan top coat anti air maka terdapat perlindungan terhadap segala macam cairan tersebut. Meja pun bisa bertahan lama dan tidak mudah berbau akibat cairan yang menyerap. 

2. Memberikan Tampilan Gloss yang Bagus

Ada tiga alasan mengapa meja restoran kayu kebanyakan menggunakan top coat gloss. Alasan pertama adalah untuk meningkatkan tampilannya jadi lebih mewah. Alasan kedua adalah untuk memudahkan karyawan membersihkan meja. 

Ketiga adalah tampilan gloss yang cukup tinggi bisa berguna menyamarkan goresan akibat penggunaan meja berlebihan. Meja tidak bisa menghindari kerusakan akibat gesekan peralatan makan. 

Top coat dengan kriteria gloss yang tinggi bisa menyamarkan goresan tersebut sehingga penampilan meja pun bisa bertahan lama. Anda bisa cek label clear kayu anti gores sebelum membelinya. 

3. Aplikasi yang Menghemat Waktu 

Mengerjakan proyek finishing berskala besar dengan deadline ketat membuat Anda harus mencari top coat dengan waktu kering paling cepat. Anda harus bisa menghemat waktu dalam hal finishing dan mengacu pada produk clear coat. 

Dibandingkan lapisan coating lainnya, top coat biasanya yang memakan waktu pengeringan paling lama. Bahkan ada yang waktu keringnya sampai satu minggu. Anda mungkin tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu jika waktu finishing terlalu lama. 

Anda perlu mengecek waktu kering dari beberapa top coat untuk memastikannya pilihan secara tepat. Bagaimana waktu kering sentuh sampai dengan waktu kering siap untuk digunakan. 

Top coat water based adalah jenis top coat dengan waktu kering tercepat. Dibandingkan solvent based, waktu kering water based ada di kisaran sat sampai 2 jam. 

4. Fleksibelitas Aplikasi 

Kriteria selanjutnya yang tidak boleh luput dari pengamatan adalah bagaimana cara mengaplikasikannya. Apa saja alat yang bisa digunakan untuk aplikasi top coat tersebut. Pasalnya tidak semua produk bisa diaplikasikan dengan semua jenis alat. 

Sesuaikanlah top coat kayu yang bisa diaplikasikan sesuai dengan alat yang Anda miliki. Setidaknya cat dengan aplikasi alat kuas dan spray gun diperlukan. Berbeda lagi jika Anda ingin menggunakan alat seperti roller coating maka perlu percobaan terlebih dahulu. 

Tidak semua cat akan bisa keluar dari mesin roller coater secara sempurna sehingga melapisi setiap bagian meja restoran dengan baik. Anda bisa meminta sampel kepada produsen untuk mengetahui kualitas dari masing-masing produk. 

5. Aman Ketika Bersinggungan dengan Makanan 

Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan coating kayu outdoor asalkan produknya memiliki sertifikasi aman. Produk wajib aman ketika bersinggungan dengan makanan karena akan digunakan pada meja restoran. 

Saat ini sudah banyak produk top coat yang aman, salah satunya adalah produk berbasis air. Bebasnya kandungan solvent dan bahan pelarut air yang digunakan membuat produk berbasis air ini lebih aman. 

Jadi lebih baik untuk mempertimbangkan penggunaan produk coating water based. Saat ini sudah bisa Anda temukan di toko bahan bangunan terdekat atau distributor yang tersedia. 

6. Tidak Menimbulkan Aroma Menyengat

Produk top coat juga sebaiknya tidak boleh mengeluarkan aroma menyengat. Kebanyakan produk water based yang asli tidak akan menimbulkan aroma mengganggu ini. Jangan sampai juga setelah kering top coat mengeluarkan aroma tersebut. 

Anda akan langsung mendapat komplain dari klien karena bisa berpengaruh terhadap usaha restoran. Berasal dari top coat pada meja saja bisa mempengaruhi ruangan restoran menjadi berbau dan akan mengganggu konsumen. 

Cara mengetahui apakah produk berbau atau tidak adalah dengan mengetesnya. Anda bisa tahu setelah coating kering sempurna dan tunggu sampai tujuh hari setidaknya. 

7. Produk dngan Review Terbaik 

Review langsung dari pengguna bisa menghemat waktu Anda dalam pencarian produk top coat. Anda bisa mencari rekan yang sudah pernah menggunakan langsung dan tahu kelebihan dan kekurangan produk tersebut. 

Produk dengan review terbaik bisa menjadi perhatian Anda dan masuk ke dalam daftar pilih. Apalagi jika jumlah review positifnya cukup tinggi akan membuat Anda jadi lebih mudah memilih. 

Artinya produk tersebut direkomendasikan oleh banyak orang yang pernah mencoba dan merasakan bahwa produk tersebut hasilnya bagus. Tentu kriteria bagus ini harus sesuai dengan keenam hal di atas ya. 

Rekomendasi Produk Top Coat untuk Meja Restoran 

Anda tidak perlu merasa bingung lagi memilih, karena Biovarnish Clear Coat New Formula bisa jadi pilihannya. Varian terbaru yang sudah dimodifikasi formulanya ini akan memberikan hasil memuaskan dan pasti aman. 

Merupakan produk dengan pelarut air yang formulasinya menghasilkan empat kelebihan berikut ini. 

  1. Lebih Cepat Kering, Anda yang mencari produk dengan efisiensi waktu aplikasi bisa mengandalkan waktu kering yang ditawarkan Biovarnish clear coat. 
  2. Tidak Blocking, hasil finishingnya juga bebas blocking sehingga tidak akan memberikan efek sempurna pada tampilan meja restoran. 
  3. Lebih Glossy, dibandingkan clear coat biasa Biovarnish menawarkan efek gloss yang lebih tinggi dan baik. Tingkat kilap membuat tampilan meja menjadi luar biasa. 
  4. Tidak Sagging, aplikasi dari clear coat ini juga bebas menetes jadi aman jika Anda ingin menggunakan alat seperti kuas. 

Top coat kayu dengan formula baru dari Biovarnish ini akan membuat Anda lebih mudah dan cepat mengerjakan proyek meja restoran, baik dalam skala kecil atau besar pengerjaannya jadi lebih mudah. 

Jadi tunggu apalagi, Anda bisa langsung menggunakan Biovarnish clear coat new formula ini dengan membelinya sekarang.