You are currently viewing Apa Perbedaan Sanding Sealer dengan Primer? Simak Penjelasannya

Apa Perbedaan Sanding Sealer dengan Primer? Simak Penjelasannya

Masih banyak yang salah memahami tentang perbedaan sanding sealer dengan primer. Ini terjadi hampir di semua pengrajin, penghobi atau karyawan di pabrik furniture.

Kayu yang sebagai material membutuhkan bahan finishing yang tepat. Apalagi jika Anda menginginkan hasil tampilan tertentu yang cukup menarik. Mengenali perbedaan kedua bahan ini menjadi pengetahuan dasar yang harus dimiliki. 

4 Perbedaan Sanding Sealer dengan Primer

menyemprotkan cat kayu

Sanding sealer dan juga primer merupakan jenis produk base coat dalam finishing. Base coat merupakan lapisan dasar yang dibutuhkan sebelum menggunakan coating lain seperti top coat, stain atau cat duco. 

Beberapa jenis primer bahkan bisa berdiri sendiri seperti chalk paint. Maksudnya cat ini bisa diaplikasikan tanpa tambahan top coat di atasnya. Lalu bagaimana dengan sanding sealer? Apakah fungsinya sama dengan primer? 

1. Perbedaan Fungsi 

Dilihat dari fungsinya, cat primer bekerja untuk memberikan lapisan perekat terbaik untuk coating yang ada di atasnya. Efeknya adalah top coat atau coating di atasnya tidak masuk ke dalam substrat kayu melalui pori-pori. 

Satu lagi fungsi dari primer ketika diaplikasikan pada kayu adalah untuk menutup warna dan serat kayu. Tujuannya agar warna cat solid bisa lebih tajam. 

Sekilas fungsi dari primer tersebut mirip dengan sanding sealer yaitu untuk menciptakan perekat coating di atasnya. Bedanya, sanding sealer juga memiliki fungsi untuk memotong bulu kayu dan menghaluskan hasil ampelasan. 

Fungsi lain dari sanding sealer adalah untuk mengunci segala jenis bahan wax pada substrate kayu. Termasuk juga melindungi kayu dari naiknya minyak kayu usai aplikasi stain. 

2. Perbedaan Proses Aplikasi 

Mengingat fungsi primer adalah untuk menciptakan sifat adhesi maka pengaplikasiannya paling bagus adalah di bawah top coat atau cat duco. Dengan begitu efek warna dari cat duco akan lebih tajam sedangkan top coat akan lebih kuat menempel di kayu. 

Kebalikan dari primer, sanding sealer paling bagus justru diaplikasikan di atas stain. Posisi ini bertujuan untuk mencegah efek bleeding yang muncul karena jenis kayu berpori besar. 

Sanding sealer juga bisa diaplikasikan di bawah lapisan clear coat dan di atas kayu langsung. Khususnya jika Anda bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing warna natural transparan, misalnya ingin mengaplikasikan pada garden furniture kayu jati. 

3. Perbedaan Jumlah Lapisan Coating 

Perbedaan sanding sealer dengan primer selanjutnya adalah pada jumlah lapisan yang perlu dibuat. Cat primer berfungsi untuk menutup warna kayu dan seratnya, oleh karena itu Anda bisa mengaplikasikan sampai dua layer. 

Semakin primer menutup warna kayu, maka akan lebih mudah pula cat duco untuk menciptakan warna lebih tajam. Tidak heran jika kebanyakan pengrajin mengaplikasikan dua sampai tiga lapisan coating. 

Berbeda dengan sanding sealer yang hanya perlu satu lapisan saja. Anda tidak perlu menggunakan sanding sealer lebih dari satu lapisan karena justru akan merusak hasil akhir finishing. Clear coat bisa menjadi lebih lama kering atau warna tidak transparan sempurna. 

4. Perbedaan Warna 

Anda bisa langsung melihat perbedaan yang sangat mencolok saat aplikasi warna. Pada cat primer Anda akan menemukan berbagai jenis warna solid. Biasanya kebanyakan warna putih dan abu-abu. 

Warna putih digunakan untuk cat duco terang seperti kuning, pink, putih, gold, dll. Sedangkan warna abu-abu biasanya untuk warna gelap seperti hitam, coklat, cooper, dl. Ada juga cat primer berupa chalk paint yang warna-warnanya cenderung pastel. 

Sanding sealer hanya memiliki satu jenis warna saja yaitu transparan. Oleh karena itulah sanding sealer hanya digunakan untuk finishing natural saja. Meskipun menggunakan sanding sealer namun warna kayu tidak akan terganggu. 

Justru, dengan aplikasi sanding sealer ketajaman warna kayu asli atau yang sudah dilapisi dengan stain akan lebih bagus. 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Sanding Sealer? 

Usai mengetahui perbedaan sanding sealer dengan primer ini Anda seharusnya sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya, khususnya sanding sealer karena banyak yang menggunakannya sebagai base coat atau intermediate coat. 

Berikut ini waktu yang tepat untuk Anda menggunakan sanding sealer. 

1. Finishing Jenis Kayu Lunak 

Ada banyak jenis kayu, salah satunya kayu lunak yang ukuran porinya besar dan cukup banyak. Jenis kayu ini memiliki kecenderungan minyak kayu naik setelah aplikasi stain. Untuk mencegahnya akan lebih baik jika Anda menggunakan sanding sealer. 

Minyak kayu bisa dicegah naik dan Anda pun mendapat hasil finishing natural yang lebih sempurna. 

2. Ingin Mendapatkan Hasil Finishing Natural 

Finishing natural gloss atau matte perlu mengaplikasikan sanding sealer. Khususnya jika furniture ada di luar ruangan, sanding sealer akan memberikan warna natural yang jauh lebih tahan lama. 

Warna natural akan lebih terlindungi baik itu yang menggunakan wood stain atau tidak. Sanding sealer akan mengunci warna secara sempurna. 

3. Ingin Hasil Mengkilap Maksimal 

Memiliki furniture dengan tampilan mengkilap mampu memberikan kesan mewah. Hanya saja untuk mendapatkan kesan lebih glossy clear coat saja tidak cukup. Anda juga perlu mengaplikasikan sanding sealer. 

Sanding sealer bisa bekerja memperkuat kesan gloss karena hasil finishingnya sendiri adalah semi gloss. Jadi Anda hanya perlu menggunakan clear coat gloss.

4. Permukaan Kayu yang Cenderung Kasar 

Beberapa jenis kayu memiliki permukaan kasar seperti bulu halus yang tidak terpotong meskipun sudah diamplas. Demi mempermudah pengamplasan Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer. 

Waktu mengamplas akan jauh lebih cepat dibandingkan langsung pada permukaan kayu. Selain itu hasilnya permukaan kayu akan jauh lebih halus karena bulu kayu terpotong sempurna. 

Produk Sanding Sealer Berkualitas yang Direkomendasikan 

biovarnish sanding sealer

Demi hasil finishing natural yang sempurna, maka sanding sealer yang dipilih harus tepat. Biovarnish Sanding Sealer hadir untuk membantu permasalahan Anda dalam finishing kayu. 

Selama menggunakan produk ini, Anda akan lebih mudah dari segi biaya, waktu dan hasil akan tetap terbaik. Biovarnish Sanding Sealer merupakan produk berpelarut air yang aman serta ramah lingkungan. 

Proses aplikasinya bisa menggunakan kuas maupun disemprotkan sesuai dengan kemampuan Anda. Sekali aplikasi, Biovarnish Sanding Sealer akan langsung merekat dan menciptakan permukaan rata bebas dari masalah tetesan air. 

Anda juga tidak perlu menunggu lama dalam hal finishing karena waktu kering amplas dan sentuhnya yang sangat cepat. Maksimal Anda hanya perlu menunggu selama 60 menitan saja. 

Inilah perbedaan sanding sealer dengan primer yang perlu Anda ketahui sebelum memulai finishing. Pastikan bahwa produk yang Anda beli juga tepat seperti Biovarnish Sanding Sealer ini. 

Pembelian produknya bisa dilakukan secara langsung melalui agen terdekat, bisa juga secara online melalui costumer service di website ini. Dapatkan kemudahan aplikasi dan produk yang asli.