10 Aturan Keamanan Wajib Diketahui Woodworker

318
Pakaian Kerja untuk wood working

Pekerjaan pertukangan khususnya bagi Anda yang bekerja di pabrik kayu, furniture maupun penghobi kayu harus memahami bagaiaman cara bekerja yang aman. Bekerja di pabrik penglahan kayu berhubungan dengan peralatan berat dan benda tajam yang bisa saja mengakibatkan kecelakaan kerja. Jika tidak berhati-hati maka Anda yang menyepelekan tenatang keamanan bekerja bisa saja mengalami cidera. Bahkan jenis cidera yang diderita tidak main-main. Jangan sampai karena malalaikan kemanan kerja Anda bisa mengalami cacat seumur hidup.

Dalam prakteknya, tidak hanya para pekerja saja yang harus memahami keamanan sistem kerja tetapi para pemilik perusahaan juga harus memperhatikan keselamatan para pekerjanya. Para pemilik perusahaan juga harus menyediakan peralatan keamanan yang dibutuhkan para pekerjanya. Jika Anda adalah seorang penghobi, keamanan kerja pun juga harus diperhatikan. Mungkin, Anda tidak akan bermain dengan mesin-mesin besar seperti di pabrik, tatapi unsur pisau yang tajam dan memutar untuk memotong kayu pasti digunakan. Anda juga harus memperhatikan keselamatan kerja walaupun hanya bekerja di rumah dengan ruangan yang lebih sederhana.

Peraturan keamanan ini sangat penting karena hingga sekarang banyak sekali telah terjadi kecelakaan bekerja pada pabrik pengolahan kayu dan juga pada para penghobi kayu. Bahkan tingkat cedera yang dialami tidak main-main, karena kelalaian tidak menggunakan kacamata pekerja tidak dapat melihat lagi, bahkan karena kelalaian penggunaan mesin tangan menjadi terpotong. Memahami penggunaan mesin sangat penting, Anda harus mempelajari penggunaan terlebih dahulu sebelum menggunakakannya. Lalu jika Anda masih kurang paham jangan malu untuk bertanya pada ahlinya.

10 aturan keamanan yang wajib Anda ketahui dan lakukan pada saat bekerja mengolah kayu.

Keamanan apa saja yang ahrus diperhatikan? Berikut ini 10 aturan keamanan yang wajib Anda ketahui dan lakukan pada saat bekerja mengolah kayu.

CS Biovarnish

Pakaian Kerja untuk wood working

  1. Selalu Gunakan Alat Pengaman

Aturan keamanan yang pertama adalah menggunakan peralatan keselamatan yang sesuai. Peralatan keamanan yang bisa digunakan adalah perlindungan pendengaran yang berfungsi untuk menutup telinga dari bisinya peralatan seperti router dan planer permukaan. Gunakan juga sarung tangan karet dan juga kacamata pengaman agar serpihan kayu yang dipotong tidak melukai mata. Gunakan juga sepatu yang dapat melindungi kaki dengan baik (jangan menggunakan sandal jepit). Jika Anda akan melakukan finishing atau pengeleman jangan lupa untuk menggunakan masker untuk menghindari bahan kimia masuk ke dalam salruan pernapasan.

  1. Gunakan Pakaian Kerja

Penggunaan pakaian kerja yang tepat akan menghindari  bagian tubuh Anda tidak senagaja masuk ke dalam mesin. Pakaian bisa saja tertarik masuk ke dalam mesin, maka gunakanlah pakaian yang nyaman ketika bekerja. Pakaian kerja yang tepat juga akan melindungi tubuh Anda dari potongan kayu atau serpihan kayu yang terlempar ketika dipotong. Jangan lupa untuk melepas perhiasan ketika bekerja.

  1. Jauhi Obat – Obatan Dan Minuman Beralkohol

Jangan bekerja apabil Anda sedang ebrada di bawah pengaruh obat baik Anda sedang sakit maupun obat-obatan lainnya. Jika Anda masih dalam pengaruh obat sebaiknya tunggu hingga pengaruhnya hilang. Jangan tergoda bekerja sambil meminum minuman beralkholo, mungkin akan sangat menyenangkan bekerja sambil meminum bir, ini justru malah akan membahayakan diri Anda. Sebaiknya selalu sadar ketika Anda sedang bekerja dengan peralatan listrik seperti alat pemotong kayu.

  1. Lepas Kabel Listrik Sebelum Mengganti Mata Pisau

Kapan saja Anda akan mengganti mata pisau atau perkakas tajam yang lainnya maka Anda wjib melepaskan kabel penghantar listrik dari sumbernya. Setelah itu baru Anda dapat mengganti mata pisau dengan yang baru. Jangan hanya mematakina tombol power saja, akrena kemungkinan aliran listrik masih ada, selain membahayakan bisa jadi kerusakan listrik karena konslet juga terjadi. Banyak sekali kasus yang melalaikan bagian ini dan akhirnya banyak pekerja kayu kehilangan jari tangannya.

  1. Gunakan Pisau Potong Yang Tajam

Aturan ini akan terlihat seperti tidak penting, akan tetapi menggunakan alat pemotong yang tumpul sangatlah berbahaya. Alat pemotong yang tumpul akan membuat Adna bekerja dua kali lebih berat selain itu tidak aman. Alat yang tumpul tidak dapat memotong kayu dengan bersih dan rapi. Jika Anda menggunakan pisau yang tajam, Anda akan bekerja lebih cepat dan hasilnya akan sangat memuaskan yaitu berish dan juga halus.

  1. Selalu Cek Paku, Sekrup Dan Benda Metal Lainnya

Aturan ini sering terlupakan tetapi sudah banyak kejadian karena melupakan bagian ini. Anda harus memeriksa jumlah stok benda metal yang digunakan seperi paku, sekrup, staples dan  bahan logam lain yang sering digunakan. pastika benda metal tersebut tidka berada dekat dengan mata pisau. Kombinasi antara benda metal dan mata pisau yang bergerak akan sangat berbahaya, paku atau sekrup bisa terlempar ke arah Anda dan menimbulkan luka. Selalu periksa ulang jumlah metal yang digunakan bahkan jika perlu gunakan mesin detektor.

  1. Bekerja Berlawanan Dengan Alat Pemotong

Telah dikatakan bahwa Anda harus mengetahui cara pmengoperasikan alat pemotong sebelum Anda menggunakannya. Ini berhubungan ketika Anda memulai pekerjaan dari sisi sebelah mana. Kayu yang akan diletakan harus berada di arah lawan mata pisau bergerak agar kayu dapat terpotong dengan benar dan tidak terpental. Selalu dorong kayu ke pada mata pisau dan jangan meletakan di arah yang berlawanan atau meletakannya di atas mata pisau.

  1. Jangan Mendekati Mata Pisau Untuk Memberishkan Sisa Potongan Kayu

Jangan pernah Anda meletakan tangan dekat dengan pisau yang sedang berputar terlebih lagi ketika Anda mencoba membuang limbah kayu yang telah terpotong. Sebainya tunggu sampai pisau behenti bergerak kemudian baru meraih limbah. Jika perlu, gunakan tongkat atau benda lain untuk meraih limbah tersebut. Selalu ingat juga bahwa saklar dapat secara tidak senagaj terbentur dan membuat mesin bergerak lagi, maka jangan lengah dan meletakan tangan dekat dengan mata pisau.

  1. Hindari Gangguan

Gangguan yang sering terjadi ketika Anda sering bekerja karena sering diajak mengobrol, dering telepon, atau gangguan lain yang mengakibatkan konsentrasi terpercah. Jika konsentrasi Anda terpecah maka akan sangat membahayakan keselamatan. Selalu ingat Anda sedang bekerja dengan benda tajam dan juga listrik. Jangan letakan handphone di dekat area Anda bekerja agar tidak mengganggu konsentrasi.

  1. Pastikan Lingkungan Kerja Bersih

Walaupun Anda telah menggunakan peralatan keamanan kerja yang baik, tetapi Anda juga ahrus menjaga kebersihan arean bekerja, jangan suka menumpuk benda tajam pada bagain atas karena bisa menimbulkan resiko jatuh di atas kepala. Buatlah rak yang rapi untuk menggantung dan mnyusu perkakas kerja denan rapi. Jangan lupa pula setelah digunakan kembalikan pada tempatkan kembali.

Selesai bekerja Anda juga harus trajin memebrsihkan area kerja dengan membuang sisa potongan kayu atau produk yang sudah tidak terpakai. Serpihan kayu yang menyebar bisa menimbulkan bahaya luka.

CS Biovarnish