Panduan DIY : Tips Finishing Table Top Bagi Pemula dengan Biovarnish

Finishing table top bisa saja menjadi sangat sulit. Khususnya jika Anda ingin mengecat table top yang berukuran sangat besar. Mengaplikasikan seluruh permukaan secara langsung bisa menciptakan permukaan terlalu cepat kering dan lengket. Lebih dari itu Anda juga harus memilih lapisan coating mengkilap yang dapat menyamarkan kerusakan seperti goresan. 

Namun bukan karena tingkat kesulitannya yang tinggi, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Beberapa tips aplikasi untuk pemula ini akan sangat membantu Anda. Temukan bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil finishing terbaik pada top table walaupun pertama kali melakukannya. 

Persiapan Area Mengecat untuk Hasil Finishing Bebas Kotoran

Langkah awal yang harus dimulai adalah dengan mempersiapkan ruang kerja. Tidak ada ruang kerja yang lebih baik daripada bebas debu. Semua ruang tidak boleh memiliki debu yang mudah menempel pada permukaan kayu yang masih basah. 

Jika perlu tutup dinding ruang kerja dengan plastik bersih bahkan bagian atap. Langkah ini akan mencegah debu turun ke permukaan cat. Lantai juga harus dibersihkan, sebaiknya pel lantai dengan air untuk menghilangkan debu halus. 

Perkecil udara yang masuk membawa debu. Jika banyak jendela sebaiknya tutup agar angin yang masih tidak berlebihan. Kemudian setting tempat untuk Anda akan mengecat. Jika meja tersebut bongkar pasang, maka lepaskan semua bagiannya. Anda bisa memasangnya setelah lapisan cat mengering. 

Jangan lupa untuk menyimpan perangkat keras untuk memasang setiap bagian. Tanda masing-masing lubang untuk memasang sekrup agar tidak lupa. Siapkan meja khusus untuk mengecat sehingga mempermudah pergerakan Anda saat mengaplikasikan cat. 

Proses Pengamplasan untuk Permukaan Lebih Halus

Selanjutnya adalah memberikan pengamplasan, langkah ini termasuk dalam persiapan. Pengamplasan difungsikan untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus dan juga merata. Anda tidak boleh mengamplas terlalu berlebihan sehingga permukaan justru tidak menjadi rata. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk proses pengamplasan yaitu sebagai berikut ini:

  • Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 120 atau 150.
  • Amplas dengan mesin atau balok kayu. Bisa juga mengkombinasikan keduanya untuk mengamplas ke seluruh sudut bagian. 
  • Selalu cek kembali apakah pengamplasan sudah halus dan ganti kertas amplas secara berkala. 
  • Jangan pernah melewatkan satu grit amplas karena akan menimbulkan efek yang justru tidak halus. 

Jika mengikuti tips di atas Anda akan segera mendapatkan hasil permukaan yang halus. Lanjutkan proses pengamplasan dengan membersihkan debu bekas amplas. Semua debu bisa dibersihkan dengan kain basah atau vakum. 

Pastikan semua permukaan kayu tidak memiliki debu yang masih menutup pori kayu. Debu yang ada di permukaan kayu hanya akan mencegah peresapan lapisan coating menjadi tidak merata.

Proses Aplikasi Cat Biovarnish untuk Top Table

Produk Biovarnish adalah bahan finishing terbaik untuk top table. Dikarenakan semua rangkaian produknya akan menciptakan lapisan coating yang kuat sekaligus warna natural kayu yang sangat menarik. Ada empat produk yang perlu diaplikasikan di sini, yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat

Keempat produk ini akan mudah diaplikasikan karena proses aplikasi yang ringan dan kecepatan kering yang tinggi. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing terbaik, Biovarnish akan memenuhinya dengan sangat mudah. 

Peralatan yang dibutuhkan hanya wadah untuk melarutkan cat, kuas berbulu nilon, amplas nomor 240 dan 400 terakhir kain lap. Pastikan semua bahan dan alat sudah disiapkan dengan benar serat air sebagai bahan pelarutnya. 

Bagaimana dengan langkah aplikasi mudahnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Aplikasi Wood Filler untuk Menutup Pori

Top table khususnya untuk jenis meja yang sering digunakan Anda perlu mempertimbangkan finishing close pore. Wood filler Biovarnish akan bekerja menutup semua pori kayu sehingga membuatnya menjadi lebih kuat terhadap kelembaban. Warna dari wood filler transparan sesuai dengan jenis kayu. 

Cara aplikasinya adalah dengan mengencerkan wood filler terlebih dahulu bersama air. Aduk merata kemudian usapkan merata ke seluruh permukaan top table. Tunggu lapisan kering, pastikan tidak ada bagian yang terlewatkan. Setelah kering selama 20 menit Anda bisa mengamplasnya. 

Gunakan amplas nomor 240 hingga warna kayu dan seratnya terlihat. Artinya semua pori kayu telah tertutup dengan rata. Kemudian lanjutkan dengan proses membersihkan semua debu amplas. Jika masih terdapat lubang kecil yang belum tertutup isi dengan wood filler. 

Kemudian ratakan permukaannya tunggu kering kembali baru di amplas. Semua permukaan top table harus benar-benar rata dan tidak ada lubang atau cacat lagi. 

Aplikasi Liquid Stain untuk Memberikan Warna Natural

Bagi Anda yang ingin menduplikasi warna kayu lain dari top table bisa memilih 20 pilihan warna yang tersedia. Biovarnish liquid stain menyediakan 20 warna yang akan membuat meja menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu saja semua aplikasinya bisa dilakukan dengan kuas. 

Anda hanya perlu melarutkan liquid stain dengan air, menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk larutan hingga merata kemudian kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu. Pastikan lapisan pertama ini hanya menciptakan coating yang tipis. Baru tunggu top table mengering selama 60 menit. 

Lanjutkan dengan pengamplasan secara ambang hingga permukaan menjadi lebih merata. Jangan terlalu ditekan dan bersihkan debu amplas. Kemudian aplikasikan liquid stain kembali, Anda bisa mengulangi langkah yang sama hingga warna berubah menjadi lebih tajam. 

Liquid stain perlu diaplikasikan searah dengan serat kayu sehingga hasilnya lebih merata. Jangan lupa untuk menunggu lapisan benar-benar kering baru di amplas. Jika Anda memberikan beberapa lapisan coating maka warna akan menjadi lebih gelap. Perlu pertimbangan berapa banyak lapisan yang akan Anda ciptakan nantinya. 

Aplikasi Sanding Sealer untuk Melindungi Warna

Warna dari liquid stain akan bertahan lebih lama apabila Anda menggunakan Biovarnish sanding sealer. Produk ini akan membuat warna menjadi lebih tahan lama sekaligus memperkuat pondasi dari pernis kayu atau clear coat nantinya. 

Proses aplikasi bisa dimulai dengan mengencerkan sanding sealer bersama air. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat kayu. Tunggu kering selama 60 menit dan Anda bisa mengamplasnya secara ambang. 

Masih gunakan kertas amplas nomor 400 yang baru dan lakukan searah dengan serat. Pastikan Anda sudah membersihkan debu amplas kemudian setelah lapisan di amplas. 

Aplikasi Clear Coat untuk Perlindungan Terakhir

Lapisan terakhir yang harus Anda bentuk adalah Biovarnish clear coat gloss. Top table yang sering digunakan membutuhkan tampilan gloss agar dapat menutup cacat pada permukaan seperti goresan. Proses aplikasinya masih sama seperti liquid stain dan juga sanding sealer. 

Campurkan Biovarnish clear coat dengan air dalam wadah terpisah kemudian aduk hingga merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata kemudian tunggu kering selama 24 jam. Anda bisa membiarkan furniture kering dengan sendirinya selama semalaman. 

Setelah kering rangkai kembali meja dan juga bagian atasnya dengan perangkat keras yang tadi telah Anda lepaskan dan simpan. 

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.