Biovarnish Glaze Rahasia Pembuatan Artificial Wood Grain dengan Mudah

Sering gagal saat ingin mengaplikasikan serat kayu buatan? Mungkin, anda belum mendapatkan cat yang tepat serta teknik yang benar. Maka dari itu pilihlah jenis cat yang akan digunakan dan latih terus fleksibilitas tangan anda hingga lancar. Dua kunci utama ini harus selalu diingat jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna. 

Tidak semua produk cat mampu untuk memberikan hasil yang memuaskan. Ada yang sulit dibentuk dan ada pula yang tidak memberikan warna serat natural. Maka hasilnya pun tidak akan rapi karena serat buatan tidak terlihat alami. Setidaknya, ada tiga lapisan yang harus diberikan untuk mendapatkan finishing dengan teknik ini. 

Pertama adalah lapisan cat dasar yang memiliki warna natural kayu. Cat ini adalah stain yang memiliki pigmen warna rendah mirip kayu. Kedua adalah lapisan glaze yang akan memberikan bentuk dari serat. Ada banyak pilihan warna glaze, tapi sebagai latihan sebaiknya pilih warna coklat atau hitam. 

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah pernis yang kini lebih sering disebut dengan clear coat atau top coat. Clear coat akan membentuk lapisan film transparan sehingga kayu lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Terakhir adalah alat yang sangat penting yaitu rubber grain. Anda perlu memilih alat yang nyaman untuk digunakan. 

Pemilihan Produk Cat untuk Serat Kayu Buatan

Apakah Anda sudah mendapatkan cat kayu yang tepat? Jika belum maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih cat. Jenis cat yang sangat direkomendasikan adalah cat water based. Cat ini lebih mudah dibentuk dan menghasilkan tampilan serat natural. Sisanya tergantung skill menggunakan rubber grain. 

Di antara cat water based dipasaran, Biovarnish adalah produk yang paling direkomendasikan. Mengapa? Selain berbahan dasar air, ada yang membuatnya lebih istimewa yaitu sebagai berikut ini:

  • Mudah dibersihkan dengan air

Kesulitan yang sering dirasakan jika Anda menggunakan cat berbasis solvent adalah tidak bisa memperbaiki apabila salah menciptakan serat dalam satu kali tarikan. Jika dibersihkan dengan thinner maka lapisan coating di bawahanya akan ikut hilang. Namun dengan Biovarnish, cukup menggunakan air saja lapisan glaze yang salah bisa dihilangkan. Anda bisa mengulangi dan memperbaiki bentuk serat.

  • Menyediakan banyak warna

Tidak tersedianya warna yang diinginkan seringkali membuat Anda pasti bingung. Akhirnya harus menggunakan brand cat lainnya yang belum tentu cocok pengaplikasikannya. Biovarnish menyediakan warna wood stain yang lengkap begitu juga dengan glaze. Anda bisa memilih warna glaze coklat, hitam atau bahkan putih. 

  • Aplikasi cepat dan mudah

Kemudahan aplikasi disebabkan Biovarnish memiliki tarikan kuas yang sangat ringan. Pada saat membuat warna dasar Anda tidak perlu takut efek brush mark. Selanjutnya pada proses pembuatan serat dengan glaze, cat bisa ditarik dengan rubber grain lebih cepat. Waktu kering yang dibutuhkan relatif cepat yaitu 60 menit tanpa harus dijemur. 

  • Perlindungan clear coat maksimal

Sebagai lapisan terakhir, Biovarnish clear coat akan memberikan perlindungan yang lebih luas. Perlindungan ini meliputi tahan terhadap goresan, panas dan sinar UV, air dan kelembaban. Perubahan cuaca tidak akan menimbulkan kerusakan karena daya rekat cat yang cukup tinggi. 

Belajar Teknik Menggunakan Rubber Grain

Tingkat kesulitan tertinggi adalah ketika Anda mengaplikasikan rubber grain. Alat ini memiliki banyak bentuk yaitu berbentuk roll atau juga berbentuk pad. Ukurannya pun bervariasi, namun untuk berlatih sebaiknya pilih alat yang berbentuk pad. Ukurannya juga sekitar 5 inci. 

Berlatihlah dengan menggunakan triplek yang lebih murah. Setelah lancar mengaplikasikan, baru Anda bisa mengecat pada furniture langsung. Berikut ini beberapa tips ketika Anda hendak melakukan finishing serat kayu buatan:

  1. Mulailah dengan bagian tengah baru dilanjutkan pada bagian kanan dan juga kiri hingga memenuhi permukaan. 
  2. Pada saat akan menarik rubber, mulai dari bagian atas pad baru ditarik sambil menggerakkan hingga bagian bawah pad. Begitu seterusnya ketika memulai di bagian kanan dan kiri. 
  3. Jangan pernah terburu-buru ketika menarik pad karena permukaan glaze yang basah sangat licin. Salah sedikit hasilnya akan gagal. 
  4. Anda hanya memiliki satu kali kesempatan untuk memperbaiki apabila langkah pertama gagal. Karena glaze akan membuat warna dasar kayu menjadi lebih gelap. 

Teknik ini harus diulangi terus menerus dan pastikan Anda berlatih sesering mungkin. Teknik ini hanya bisa diaplikasikan pada permukaan kayu yang datar. Tidak memungkinkan jika Anda mengaplikasikannya pada permukaan kayu yang bergelombang. 

Tahapan Mengaplikasikan Biovarnish untuk Serat Buatan

Berikut ini tahapan aplikasi biovarnish yang bisa Anda lakukan:

  • Persiapan 

Pada tahapan persiapan Anda harus mengamplas permukaan kayu, anda bisa menggunakan amplas nomor 220. Gunakan mesin amplas, jika tidak punya bisa secara manual dengan balok kayu. Amplas harus searah dengan serat kayu dan dilakukan hingga permukaan menjadi halus. Jika sudah, bersihkan debu sisa amplas dengan kain kering. Bisa juga dengan kain microfiber yang sudah dibasahi sehingga debu halus pun akan terangkat. 

  • Memberikan warna dasar

Aplikasikan Biovarnish wood stain dengan memilih warna natural yang sedikit terang seperti warna walnut. Larutkan Biovarnish wood stain dengan air, aduk hingga homogen lalu lanjutkan dengan penguasan. Arahkan kuas searah dengan serat kayu secara halus dan merata. Kuas tipis saja lalu diamkan hingga mengering. Setelah 60 menit, amplas ambang permukaannya dengan amplas nomor 400. 

  • Membentuk serat kayu

Anda dapat membentuk serat kayu menggunakan glaze. Pilih warna Biovarnish glaze yang gelap, campurkan dengan sedikit air untuk mengencerkan agar mudah diaplikasikan. Kuas tipis hingga merata, ikuti arah serat ketika menguas. Manfaatkan pad sesuai dengan teknik yang selama ini telah dipelajari. Pastikan berhasil dalam tahapan pertama agar hasilnya lebih halus. Diamkan hingga 20 menit. 

  • Melapisi pernis kayu

Glaze tidak akan mengering walaupun Anda sudah mengeringkannya selama 20 menit. Tapi, glaze akan setengah kering sehingga mudah untuk dilapisi dengan pernis. Saat menunggu kering Anda bisa membuat larutan Biovarnish clear coat dengan air. Buatlah larutan dengan perbandingan 2:1. Kuaskan larutan pernis kayu searah serat kayu dan pastikan hasilnya halus. Tampilan cat berwarna transparan, sebaiknya kerjakanlah di ruangan yang terang. Keringkan hingga 24 jam atau semalaman, sehingga membentuk lapisan coating yang kuat. 

Dengan menggunakan Biovarnish clear coat, Anda tidak akan mendapatkan kesulitan aplikasi karena sapuan kuasnya ringan serta waktu kering yang cepat. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU