Ingin Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cepat? Simak Caranya Disini

Apakah Anda adalah seorang penghobi dalam pekerjaan perkayuan? Maka Anda tidak asing lagi dengan mengkilapkan kayu palet. Palet kayu adalah material murah, mudah dan juga cepat dengan cara mengkilapkan. Anda tidak akan membutuhkan waktu lama dalam proses pengolahannya menjadi sebuah furnitur atau menjadi sebuah bentuk kerajinan.

Bahkan Anda tidak perlu membeli kayu palet karena Anda bisa mencarinya di limbah industri furniture ekspor. Biasanya kayu palet digunakan untuk pengemasan furnitur yang akan dikirim ke daerah lain bahkan ke luar negeri. Sisa dari kayu palet ini bisa Anda minta sesuai dengan peraturan dari industri.

Baca Juga : cara finishing jati belanda yang natural

Namun jika tidak ada pabrik furnitur di dekat rumah atau di daerah Anda, membeli kayu palet juga bukanlah hal yang sulit. Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan terdekat.

Jenis Kayu Palet

Berbicara mengenai kayu palet, ada banyak jenis kayu palet yang bisa Anda pilih dan Anda beli. Ada kayu palet dari kayu jati belanda, kayu pinus, kayu sungkai, kayu cedar, dan lain sebagainya. Kayu ini bisa Anda pilih dan uniknya semua jenis kayu palet ini memiliki serat kayu alami yang sangat menarik dan bisa Anda tampilkan.

Baca Juga : cat kayu untuk mengkilapkan tampilan triplek agar tampil mengkilap

Menampilkan serat dari kayu palet tentu saja berhubungan dengan bahan finishing yang akan Anda pilih. Jangan pilih sembarangan bahan finishing karena belum tentu bahan yang digunakan mampu memperlihatkan serat kayu palet.

Anda bisa memanfaatkan jenis cat water based yang akan memberikan efek warna kayu natural dengan transparansi tinggi karena penggunaan bahan dasar air dan bukan solvent. Penggunaan bahan dasar air ini akan mempengaruhi kejernihan dari bahan finishing yang digunakan.

Baca Juga : simak cara finishing untuk mendapatkan hasil gloss terbaik disini

Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang rapi dan juga jernih hanya dengan cat kayu water based. Selain masalah transparansi Anda bisa memilih untuk menampilkan tampilan sheen level yang tinggi atau gloss.

Penampilan gloss dari sebuah furnitur tentu saja akan membuat furnitur akan tampak lebih mewah dan juga tahan terhadap goresan. Tingkat gloss atau mengkilap ini bisa diraih dengan menggunakan dua cara yaitu dengan lapisan clear coat kemudian dilanjutkan dengan lapisan perawatan dari poles kayu.

Baca Juga : cara mengkilapkan dan kembalikan tampilan kayu dengan cat kayu yang bagus

Pengecatan dan juga pemolesan dimaksudkan untuk segera mendapatkan hasil finishing yang lebih tahan lama. Anda akan mendapatkan penampilan yang lebih tahan lama dibandingkan sebelumnya atau jika menggunakan jenis bahan finishing yang lainnya.

Langkah Mengkilapkan dengan Cat

Anda kini akan menciptakan kayu palet entah itu berbentuk furnitur atau kerajinan dengan hasil yang mengkilap. Anda tidak perlu bersusah payah dan menunggu waktu yang lama untuk proses pengecatan dengan hasil mengkilap ini.

Baca Juga : rekomendasi bahan perawatan kayu untuk mengkilapkan kayu yang kusam

Sebelumnya banyak pengrajin yang menggunakan bahan finishing solvent untuk proses finishing dengan hasil mengkilap. Bahkan untuk hasil yang mengkilap ini banyak pengrajin yang menggunakan cat melamin.

cat kayu anti jamur

Namun sayangnya penggunaan cat melamin kini sudah jarang karena pelarangan penggunaan melamin sebagai bahan finishing pada furnitur di luar negeri. Finishing melamin pada furnitur sangat berbahaya karena kandungan logam berat yang di dalamnya sangat tinggi. Belum lagi melamin bukan tipe cat yang dapat digunakan untuk furnitur luar ruangan.

Baca Juga : cat bambu terbaik untuk mengkilapkan tampilan anyaman kerajinan bambu

Sebagai bahan untuk mengkilapkan palet kayu alternatif dari cat mengkilap seperti melamin Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. Fungsinya sama seperti pernis dan plitur hanya saja berbahan dasar air dan lebih cepat kering tanpa perlu dijemur di bawah panas matahari.

Anda tidak perlu melakukan banyak proses dan pengeringan yang panjang, setiap satu jam lapisan cat akan mengering dan Anda akan menyelesaikan proses pengecatan kayu palet dengan mudah dan juga cepat.

Baca Juga : rekomendasi cat untuk lantai kayu yang bagus dan mampu mengkilapkan lantai

Langkah Aplikasi Cat Biovarnish Hasil Finishing Mengkilap

  1. Pastikan kayu palet sudah kering dan juga bersih bebas dari kotoran terlebih lagi dari debu pengamplasan. Jika permukaan kayu belum halus Anda bisa mulai mengamplas terlebih dahulu. Untuk mencegah jamur di kemudian hari pastikan kayu kering standar.
  2. Pertama untuk menyamakan warna Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler dengan warna yang sesuai dengan warna kayu. Aplikasikan menggunakan pisau palet secara merata ke seluruh permukaan kayu. Jika Anda menemukan beberapa lubang isilah dengan wood filler hingga penuh. Tunggu filler mengering baru Anda mulai mengamplas dengan amplas 240 hingga serat kayu terlihat lalu bersihkan debu amplas.
  3. Kedua aplikasikan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Campurkan wood stain dengan air terlebih dahulu kemudian aplikasikan menggunakan kuas busa ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu agar hasilnya rapi. Pastikan mengaplikasikan tipis-tipis saja. Tunggu kering tanpa dijemur dan mulai amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  4. Jika Anda belum menemukan warna yang tepat atau warna wood stain kurang rata Anda dapat mengaplikasikan kembali hingga mendapatkan warna yang sesuai. Namun ingat semakin tebal lapisan maka akan semakin gelap hasilnya.
  5. Langkah terakhir adalah aplikasikan Biovarnish clear coat gloss. Campurkan dengan air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu palet serah serat kayu dan tunggu kering hingga 24 jam. Anda akan mendapatkan kayu palet kering sempurna dan bisa digunakan.

Langkah-langkah aplikasi di atas tentunya sangat mudah dan Anda bisa mendapatkan hasil warna sesuai dengan keinginan. Serat kayu akan tetap terlihat dan hasil mengkilap yang tinggi sekitar 85 % juga didapatkan.

Langkah Mengkilapkan Palet dengan Poles

Jika Anda sudah mendapatkan kayu palet yang terlapisi dengan cat Biovarnish dengan hasil mengkilap maka selanjutnya adalah Anda perlu memberikan perawatan rutin dengan bahan poles kayu Biopolish Linseed Oil.

Bahan ini akan membuat tampilan dari kayu palet menjadi lebih mengkilap dan alat yang digunakan hanyalah kain katun bersih dan juga kering. Caranya adalah ambil Biopolish sedikit saja menggunakan kain kemudian poles ke seluruh permukaan kayu palet. Pastikan semua bagian terkena bahan poles.

proses pengamplasan

Jangan terlalu banyak karena aplikasi bahan terlalu banyak hanya akan membuat jamur. Tunggu lapisan mengering Anda akan mendapatkan tampilan yang mengkilap kemudian ambil kain yang masih bersih dan kering gosok kembali permukaan kayu.

Bahan akan membuat tampilan lebh mengkilap jika Anda melakukannya dengan rutin setidaknya sekitar tiga minggu sekali. Aplikasikan dengan cara yang sama yaitu menggunakan kain. Cara aplikasi ini akan mempertahankan lapisan coating atau lapisan film dari Biovarnish Clear Coat.

Aplikasi poles akan membuat kayu palet lebih tahan terhadap jamur bahkan rayap namun Anda tetap harus menjaga agar kayu palet tidak terkena air terus menerus atau bahkan menggunakaannya pada kamar mandi.

Kayu palet bersifat lunak dan sangat rentan terhadap genangan air atau jika bersentuhan dengan air terus menerus. Kayu palet akan tetap terjaga kekuatannya jika Anda  menggunakannya di tempat yang kering dan bebas dari air.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top